Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj Siti Zainab, menyampaikan dari sasaran vaksinasi anak umur enam sampai 11 tahun di Kabupaten HSS sekitar 23 ribu lebih, dari sasaran tersebut ditargetkan bisa tercapai 100 persen.

Ia mengatakan, sebelumnya HSS termasuk kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang telah mencapai 70 persen lebih untuk masyarakat umum, serta untuk umur Lanjut Usia (Lansia) juga telah mencapai 60 persen.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan vaksinasi bagi anak umur 6 sampai 11 tahun

"Bagi anak didik tentu vaksinasi ini penting karena menjadi syarat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM), kalau mereka tidak divaksin tentu belum bisa mengikuti PTM," katanya, dalam keterangan, di Rapat Koordinasi (Rakor) bulanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, Kamis (6/1) pagi.

Dijelaskan dia, untuk kelancaran vaksinasi nantinya pihaknya tentu akan menambah Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai vaksinator, namun tentunya keberhasilan capaian akan sangat tergantung ketersediaan vaksin.

Baca juga: Bupati HSS : Capaian 73 persen lebih vaksinasi bukti hasil kerja bersama

Pihaknya berharap agar kebutuhan dosis vaksin tersebut bisa segera tersedia, karena diketahui saat ini ketersediaan vaksin jenis Sinovac masih kurang, padahal vaksin ini yang direncanakan akan digunakan.

Sementara untuk vaksinasi bagi lansia akan terus dilakukan, para nakes melakukan dengan jemput bola dari pintu ke pintu, untuk memudahkan dan mendekatkan layanan bagi para lansia.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022