Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel)  melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan vaksinasi COVID-19 pada anak usia enam sampai dengan 11 tahun, mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia enam sampai 11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi bagi anak sesuai dengan Instruksi Presiden RI, Joko Widodo untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak enam sampai 11 tahun. Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten HSS, strateginya akan memaksimalkan peran dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama," kata Sekretaris Daerah, H Muhammad Noor, Rabu (5/1).

Baca juga: Sekda HSS apresiasi kontribusi PT Pos Indonesia dalam capaian vaksinasi

Dijelaskan dia, pihaknya sudah punya data masing-masing desa dan punya data anak-anak yang jadi sasaran untuk dilakukan vaksinasi, dan seiring dengan komitmen Bupati HSS sudah kuat dan beliau sudah memerintahkan untuk pelaksanaan vaksinasi yang kedua, dan juga untuk anak-anak usia enam sampai 11 tahun.

Ia memohon doa kepada seluruh masyarakat, semoga masyarakat dan orang tua anak-anak murid mendukung Pemkab HSS agar masyarakat semua bisa melaksanakan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi pada anak bisa dilakukan jika hasil capaian vaksinasi sesuai dengan kriteria yang telah mencapai cakupan 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama, dan cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai 60 persen.

Baca juga: Penyederhaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional

Ada 10 kabupaten dan kota di Provinsi Kalsel yang dapat melaksanakan vaksinasi bagi anak, yaitu Kabupaten HSS, Balangan, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Tanah Laut, Kotabaru, Banjar, Barito Kuala dan Kota Banjarbaru.

Rakor dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, di Aula Rapat Kantor Gubernur Lama Banjarmasin, dan dilangsungkan secara virtual itu diikuti para bupati dan walikota se Kalsel, Dandim, Kapolres, Kakanwil Kemenag, Kadinkes, Kadisdik, hingga Tim Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten/ kota.

Di Kabupaten HSS, juga diikuti Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Siti Zainab, Kepala Dinas Dukcapil Bardamaini, Kepala Pelaksana BPBD, H. Syamsudin, S.IP, dan perwakilan Dinas Kominfo, melalui Media Center Setda HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022