Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS),  menyalurkan bantuan modal Usaha Ekonomi Produktif (UEP) tahun 2021, kepada warga penerima manfaat atau mustahik, di Sanggar Pramuka, Kandangan.

Ketua Baznas HSS, H Suriani, di Kandangan, mengatakan bantuan permodalan yang diberikan hari ini berasal dari para Muzakki yang di salurkan melalui Baznas Kabupaten HSS, dan Baznas Provinsi Kalsel.

"Ini adalah merupakan program tahunan Baznas HSS, untuk membantu masyarakat guna meningkatkan perekonomian keluarga. Adapun bantuan yang diberikan adalah sarana berkah zakat berupa gerobak, sepeda dan warung, masing-masing diterima oleh 11 orang mustahik atau penerima manfaat," katanya, Kamis (30/12) kemarin.

Selain itu, ada pula penyerahan bantuan dari provinsi berupa bantuan melalui Program Z-Mart untuk 10 mustahik, gerobak berkah 10 mustahik dan bantuan rumah layak huni kepada dua orang mustahik.

Baca juga: Panitia ajak umat muslim sumbangkan dana bangun Mesjid Al Ettihad Loksado

Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Irhamsyah Safari, mengatakan bantuan yang diberikan ini merupakan hasil yang dihimpun dari para Muzakki atau donatur, serta baznas hanya sebagai penyalur yang memprogramkan agar bisa sampai kepada mereka yang berhak menerimanya.

"Jadi kalau ibu dan bapak ingin berterima kasih, berterimakasihlah kepada para donatur yang telah diringankan hatinya untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqahnya melalui baznas, sehingga sampai ke tangan Ibu bapak sekalian," katanya.

Menurut dia, untuk melengkapi bantuan ini maka baznas melengkapi pula dengan pemberian pelatihan kewirausahaan, agar apa yang diberikan hari ini benar-benar bisa digunakan atau dimanfaatkan dengan baik dan efektif.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan berharap agar para penerima manfaat atau mustahik bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh baznas melalui bantuan permodalan UEP.

Dan ini sangat sejalan dengan Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, karena ini bisa menjadi pelengkap berbagai bantuan pemerintah yang telah disalurkan selama ini.

Pemkab HSS selama ini telah banyak menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, salah satunya adalah Program Rumah Sejahtera(PRS)  yang terus diberikan untuk masyarakat.

"Dan program ini merupakan salah satu program terbaik. dalam pengentasan kemiskinan dan mengangkat perekonomian masyarakat," katanya.

PRS di HSS adalah program yang komprehensif, inovatif, dengan berbagai intervensi program lainnya. Berbeda dengan daerah lainnya, sehingga membuat HSS kembali menerima penghargaan oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Basnas luncurkan program Selamat sambut hari jadi HSS

Ia juga mendukung apa yang telah dilakukan oleh baznas selama ini dalam upaya bersinergi dengan pemerintah daerah, kini sudah berjalan baik, di mana keberadaan baznas memang perlu dukungan semua pihak.

"Pemkab HSS sendiri sangat berkomitmen segala jenis program yang diberikan untuk kemaslahatan umat, hal ini dilakukan dengan berbagai regulasi dan kebijakan yang telah dibuat,"  katanya.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan mustahik, berturut-turut oleh Bupati HSS, dilanjutkan oleh Ketua Baznas Provinsi Kalsel dan Ketua Baznas Kabupaten HSS.

Turut hadir, Kepala Kantor Kementerian Agama HSS, H M Yamani, para potensi TKSK, dan jajaran Pengurus Baznas Kabupaten HSS dan kegiatan ini dilakukan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021