Capaian vaksinasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tergolong masih rendah, dari jumlah penduduk sekitar 200 ribuan lebih, hanya sekitar 39 persen warga tersuntik vaksin dosis pertama dan menempati urutan ke enam dari 13 Kabupaten Kota se-Kalsel.
 
Target 70 persen di akhir 2021 ini kemungkinan tidak akan tercapai karena sulitnya ketersedian vaksin itu sendiri. "Kita terus upayakan agar target tercapai walaupun saat ini sedang rebutan dengan beberapa Kabupaten lain untuk meminta jatah vaksin di pusat maupun provinsi," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan HST H Mursalin, Rabu (10/11) di Barabai.
 
Pihaknya juga senantiasa membuka kerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan maupun swasta yang mau berkontribusi guna percepatan vaksinasi menuju persiapan proses transisi dari pandemi ke endemi.
 
"Jadi target itu bisa tercapai atau tidaknya tergantung nantinya ketersedian vaksin itu sendiri," kayanya.
 
Ia juga sudah instruksikan kepada seluruh nakes di Puskemas untuk fokus melakukan percepatan vaksinasi ini dan sama-sama bergerak melawan penyebaran COVID-19.
 
"Alhamdulillah kasus COVID-19 di Kabupaten kita sudah nol kasus jadi sekarang kita bisa lebih fokus untuk melakukan vaksinasi agar seluruh masyarakat bisa terlindungi," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021