DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur yang juga membidangi perhubungan mengkoordinasikan kesiapan infrastruktur transportasi sungai buat mendukung program "Food Estate" di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Guna mengkoordinasikan kesiapan infrastruktur transportasi sungai dalam mendukung program Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Kalteng tersebut, anggota Komisi III DPRD Kalsel menemui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI Kalteng.

Pasalnya program Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau, Kalteng yang merupakan program nasional dalam upaya penyediaan dan ketahanan pangan Indonesia perlu pula mendapatkan dukungan daerah/provinsi tetangga yaitu Kalsel.

Oleh karenanya perlu pula koordinasi kesiapan infrastruktur transportasi sungai yang merupakan penopang angkutan darat guna kelancaran segala sesuatu yang berkaitan upaya menyukseskan program Food Estate tersebut.

Persoalan infrastruktur transportasi sungai harus menjadi perhatian, karena penggunaan jalur selain masih dominan dalam menghubungkan kedua provinsi bertetangga, juga bisa lebih efesien dan efektif, disamping menggunakan angkutan jalan darat.
Pertemuan rombongan anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI Kalteng di Palangkaraya (sekitar 198 kilometer barat Banjarmasin), 4 Oktober lalu. (Istimewa/Nafarin staf Komisi III DPRD Kalsel.)

Hubungan transportasi jalan darat antara Bumi Isen Mulang atau Tambun Bungai Kalteng dengan "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" atau "Bumi Lambung Mangkurat" Kalsel baru ada pada Tahun 1996,. sebelumnya menggunakan angkutan air/sungai.

Dalam kunjungan kerja (Kunker) anggota Komisi III Kalsel ke "Bumi Isen Mulang" (Pantang Mundur) atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng, 3 - 5 Oktober 2021 itu dipimpin Sekretaris Komisinya H Gusti Abidinsyah SSos MM.

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi III DPRD Kalsel dengan pimpinan rombongan Fahrin Nizar ST MT studi komparasi ke Jawa Timur (Jatim) dan bertemu dengan Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum provinsi tersebut membicarakan hal-hal yang berkaitan pembangunan jalan.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021