Pemerintah Kota Banjarbaru didukung Dewan Pengurus Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalimantan Selatan gelar pelatihan menyirang bertepatan peringatan Hari Batik Nasional 2021.

Pelatihan menyirang atau mengkreasi kain Sasirangan khas Kalsel, Sabtu dihadiri Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin didampingi Ketua GOW Banjarbaru Ermina Fujianti Wartono.

Kegiatan yang dibuka Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan, Kesra Banjarbaru Puspa Kencana dihadiri Ketua DPD IWAPI Kalsel Shinta Laksmi Dewi, perwakilan Dinas Koperasi Kalsel dan Dinas Koperasi Banjarbaru.

"Pelatihan menyirang selain dalam rangka memaknai Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober sekaligus juga sebagai salah satu upaya pengembangan sektor UMKM Banjarbaru," ujar Puspa. 

Selain itu memacu semangat berkarya dan berkreasi menciptakan produk yang bernilai seni sekaligus bernilai jual tinggi khususnya dengan media kain Sasirangan sebagai salah satu unggulan Kalsel. 

"Kain sasirangan adalah kain khas daerah kita, yang harus dilestarikan dan dibudayakan ditengah masyarakat sebagai identitas budaya daerah dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi," ungkapnya. 

Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya memberikan arahan dan motivasi kepada kaum millennial yang menjadi peserta kegiatan agar terus berkarya, menciptakan ide-ide sesuai dengan tren yang kekinian.

"Jangan mudah patah semangat untuk terus maju. Berkarya sesuai potensi dan kemampuan yang dimiliki," ujar Vivi yang ikut berbagi pengalaman khususnya di bidang fashion yang dimulai dari bawah hingga sukses.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021