Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina melakukan mutasi besar-besaran pejabat eselon III dan IV hingga mencapai 192 orang.

Pelantikan sebanyak 192 pejabat yang dimutasi dari berbagai Setuan Kerja Prangkat Daerah (SKPD) tersebut dilaksanakan di halaman Balaikota Banjarmasin, Jumat.

Ini merupakan pelantikan pejabat sekala besar pertama dilakukan Ibnu Sina dan Wakilnya H Arifin Noor sejak dilantik pada 23 Juni 2021. Di mana Ibnu Sina menjabat periode kedua untuk Wali Kota Banjarmasin.

Kota Banjarmasin juga saat ini sudah memasuki penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Ibnu Sina menyampaikan, mutasi besar-besaran ini merupakan hal yang biasa dan dibutuhkan dalam organisasi untuk penyegaran dan promosi jabatan.

Dia pun menyampaikan, agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru saja dilantik ini untuk ikhlas dan sepenuh hati menjalankan semua tugas dan kewajibannya.

Selain itu, dia juga ingin agar para abdi masyarakat yang bertugas di Pemkot Banjarmasin memahami dan siap melaksanakan visi dan misi pemerintah daerah tahun 2021--2024.

"Saya berharap tidak seorangpun yang tidak paham tentang visi misi Banjarmasin Baiman dan lebih bermartabat," ujarnya.

Ibnu Sina menyampaikan, ada tiga prioritas pembangunan saat ini, pertama revitalisasi sungai untuk yang pariwisata berbasis sungai dan transportasi.

Kemudian yang kedua melahirkan wira usaha baru berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan regulatif untuk menjadikan Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa.

Selanjutnya yang ketiga adalah menjadikan pelayanan publik yang cepat, yang mudah berbasis kepada smart city dan filosofi pelayanan.

"Pertama, jika bisa di permudah jangan dipersulit. Kedua, jika bisa dipercepat jangan diperlambat dan  ketiga jika bisa selesai hari ini jangan ditunda sampai besok," tegasnya.

Menurut Ibnu Sina, tiga prioritas dan tiga filosofi pelayanan ini harus dicatat dimeja masing-masing dan laksanakan, sosialisasikan kepada semua ASN di instansi masing-masing.

Dia pun menyampaikan pula, agar para ASN Pemkot Banjarmasin selalu kompak dalam menjalankan tugas dan kewajiban, sehingga visi dan misi Pemkot Banjarmasin untuk menjadikan kota berjuluk seribu sungai, Baiman dan Lebih Bermartabat, tercapai.

Dari sebanyak 192 orang pejabat yang dilantik, salah satu pejabat eselon III yang masuk dimutasi adalah Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakot Banjarmasin, Yusna Irawan kejabatan baru sebagai Kabag Umum Setdat Kota Banjarmasin.

Posisinya digantikan Husien Lutfi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Umum di Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin.

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021