Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah perumahan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di dusun Danau Canting Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalsel pada Kamis (9/9).

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan Pemkab HST untuk penyambutan. "Hari ini kami juga telah melakukan rapat dengan beberapa instansi terkait guna menyambut kedatangan menteri," kata Plt Kepala Dinas Sosial PPKB-PPA HST Wahyudi Rahmad, Selasa (7/9).

Beberapa poin rapat tadi diterangkannya adalah pembagian tugas panitia yaitu untuk protokol kesehatan diserahkan kepada Dinkes, sarana prasarana, konsumsi, tenda dan lain-lain menjadi wewenang Bagian Umum Setda HST. Sedangkan keamanan jalur dan kegiatan adalah dari TNI-Polri.

Berikutnya, untuk kebersihan dan kerapian lokasi diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan. Untuk perkenalan potensi pertanian, perikanan, ketahanan pangan, perdagangan dan lainnya menjadi tugas Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dan Dinas Perdagangan. "Publikasi dan Dokumentasi serta Komunikasi menjadi tanggungjawab Diskominfo," katanya.

Dikatakannya lagi, untuk persiapan akomodasi tamu daerah diserahkan kepada Prokom Setda HST dan untuk pendukung Lokal kepada Dinas PMD, Kecamatan BAT dan BAS serta Koramil setempat.

"Pelaksana Kegiatan secara keseluruhan memang ada di Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial HST dan Protokol Kemensos dan Protokol Setda HST," katanya.

Untuk membantu persiapan ditambahkan Wahyudi, seluruh potensi sosial seperti pendamping PKH, BPNT dan Tagana juga akan dilibatkan.

"Setelah rapat tadi, kami bersama Bupati juga langsung meninjau lokasi ke Danau Canting guna memastikan kesiapan panitia dan warga sana dalam penyambutan," kata Wahyudi Rahmad.

Ia berharap, acara dapat berjalan sesuai rencana dan sukses, baik saat penyambutan, seremonial hingga kepulangan menteri nanti.

Baca juga: Program Vaksinasi Merdeka di Ponpes Darul Istiqamah Barabai sebanyak 1.300 vial
Baca juga: Mulai akhir Oktober portal parkir Pasar Keramat Barabai berlaku 24 jam
Baca juga: Pemkab bangun kolam regulasi senilai Rp280 M guna pengendalian banjir di HST
Baca juga: Menteri sosial bakal ke Danau Canting Kabupaten HST dan serahkan bantuan miliaran rupiah

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021