Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel, akan menerapkan pemberlakuan portal parkir elektronik selama 24 jam di wilayah Pasar Keramat Barabai.

"Insyallah, akhir Oktober 2021 ini portal parkir di Pasar Keramat Barabai sudah diberlakukan selama 24 jam," kata Pj Sekretaris Daerah (Sekda) HST Muhammad Yani saat dikonfirmasi ANTARA, Senin (7/9) di Barabai.

Hal tersebut menurutnya sebagai salah satu upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan setelah melalui uji petik dan simulasi antara biaya operasional dan keuntungannya, masih ada sisa satu miliar lebih bisa masuk ke kas PAD untuk kalkulasi selama satu tahun.

"Perbupnya juga sudah kita garap dan dengan penerapan 24 jam, diperkirakan ada pemasukan dari portal parkir sekitar dua miliar lebih selama setahun, namun setelah kita kalkulasi dengan biaya operasional, masih ada keuntungannya sekitar satu miliar lebih, jadi lumayan peningkatannya," kata Yani.

Aturan tersebut dikatakannya lagi sudah mulai disosialisasikan kepada masyarakat dan para pedagang. "Sementara, kita uji coba dulu 24 jam di Pasar Keramat, sedangkan di pasar Murakata masih belum," ujarnya.

"Pak Bupati juga menginginkan agar fungsi pasar Keramat Barabai dikembalikan lagi sebagai pusat agribisnis dan bisa lebih banyak lagi orang datang ke pasar serta bertransaksi di waktu malam, baik dari daerah kabupaten tetangga maupun warga HST sendiri," kata Sekda.

Guna meningkatkan kualitas pasar, pihaknya juga sudah koordinasi dengan dinas PUPR agar melakukan revitalisasi pasar Keramat, khususnya yang berada di Blog G, akan dibuatkan jalan dan akses masuk mengelilingi pasar. "Hal itu agar warga lebih mudah masuk pasar dan blog G yang sebelumnya untuk penjulan ikan dan ayam bisa berfungsi kembali," tuntasnya.

Sebelumnya, sesuai dengan Perbup HST Nomor 10 Tahun 2017, jam pelayanan parkir elektronik hanya berlaku dari pukul 07.00 Wita hingga Pukul 17.30 Wita.

Baca juga: Portal parkir di Barabai tanpa karcis dan ada wacana penerapan 24 jam
Baca juga: Tanggapi portal parkir Pasar Barabai, ini pernyataan paslon AMAN
Baca juga: Portal parkir di Barabai sudah bagus, jangan jadi jualan politik jelang Pilkada
Baca juga: Pendapatan pedagang Pasar Keramat Barabai menurun selama adanya portal

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021