Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mendukung upaya pengembangan desa wisata di berbagai daerah di provinsi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah.

Menurur Safrizal di Banjarmasin Senin, Kalsel memiliki potensi pariwisata yang indah dan unik jika dikelola dan ditata dengan baik, sehingga pemerintah perlu mendukung upaya pengembangan tersebut.

"Saya mengimbau agar masyarakat mengelola sungai atau rawa dengan baik, apalagi dilakukan penataan akan terlihat indah, sehingga menjadi pemandangan yang nyaman dan menjadi daya tarik wisatawan," katanya.

Seperti di Kawasan Wisata Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan (Swarga Loka) Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Safrizal yang datang bersama istrinya ke daerah tersebut, mengatakan, panorama wisata di Kecamatan Haur Gading, sangat cocok bagi wisatawan untu berswafoto dengan latar belakang hutan dan kebun purun.

Sebelumnya, Safrizal bersama rombongan merasakan sensasi susur Sungai Awang Rawa Gambut yang terletak di Desa Pulantani dan Desa Tambak Sari Panji Kecamatan Haur Gading.

Destinasi wisata Swarga Loka di Hulu Sungai Utara ini, merupakan lokasi wisata andalan di daerah yang sebagian besar wilayahnya rawa-rawa tersebut.

Kawasan tersebut, berada diantara dua sungai yaitu Sungai Tabalong disebelah Timur dan Sungai Barito di sebelah Barat.

Perjalanan yang ditempuh dengan perahu mesin bermuatan maksimal dua orang penumpang itu, melewati hamparan dataran rendah yang ditumbuhi tanaman purun.

Salah satu fasilitas yang ada di lokasi wisata tersebut adalah, pondok pantau api, yang dibangun untuk bangunan wisata sekaligus tempat pantau antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Selain digunakan untuk memantau api, juga untuk memantau aktivitas pembalakan atau penebang pohon di hutan secara ilegal.

Dengan tinggi sekitar 5 meter di permukaan rawa, pondok pemantau api ini memungkinkan wisatawan untuk melihat seluruh kondisi hutan dan hamparan kebun purun.

Dikatakan, HSU salah satu daerah yang unik di Kalsel, karena banyak memiliki rawa dan cukup sulit mengelolanya.

Potensi tersebut bisa dioptimalkan, karena rawa sekaligus menjadi area penampungan air yang bermanfaat bagi daerah sekitar.
Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA bersama istri saat mengunjungi desa wisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara HSU) (Antaranews Kalsel/Istimewa)
"Saya mengapresiasi kerja sama masyarakat di lima desa di Kecamatan Haur Gading, sehingga terkelola agriwisata SwargaLoka di HSU ini," katanya.

Selain menyaksikan keindahan panorama wisata di daerah tersebut, Safrizal juga menanam pohon beringin tepat di samping Pondok Swargaloka, atau pondok pantau api di Desa Tambak Sari Panji.

Safrizal mengatakan, pihaknya mendorong setiap upaya penanaman pohon dari pihak manapun.

Turut menanam pohon, Pj Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Bupati HSU dan istri, serta Ketua KNPI HSU.

"Gerakan penanaman pohon ujarnya, kalau bisa dipercepat, tentunya akan lebih baik" katanya.

Saat ini, Pemprov Kalsel serius mendukung pengembangan desa wisata, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keseriusan tersebut, diwujudkan dalam peraturan daerah tentang pengembangan desa wisata.

Anggota DPRD Kalsel Karlie Hanafi Kalianda mengatakan, pemerientah bertekad mengembangkan pariwisata sebagai salah satu penggerak perekonomian daerah, baik pada skala provinsi hingga pemerintah desa.

"Hal tersebut dalam rangka mewujudkan ekonomi pada skala desa terkait sektor pariwisata. Untuk itu pula dipandang perlu memberdayakan seluruh potensi wisata di desa dengan membentuk dan mengembangkan wisata desa," katanya.



 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021