Organisasi Islam Nahdhatul Ulama melalui jaringan NU CARE - LAZISNU menyerahkan bantuan sebanyak delapan ekor sapi kurban kepada warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (19/7) di kediaman Bupati setempat.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua PW NU CARE - LAZISNU Kalsel, Muhammad Saufi dan diterimakan secara seremonial oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat melalui para pengelola masjid.

"Giat berbagi ini merupakan program kemaslahatan berkah kurban 1442 H kerjasama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang dipercayakan kepada LAZISNU untuk menyalurkan," kata Saufi.

Ia mengatakan, bantuan sapi kurban tersebut akan disebar ke beberapa titik kecamatan di Kabupaten HST. "Bantuan di HST ini lebih besar dibanding dengan Kabupaten lain di Kalsel, yaitu satu ekor untuk jajaran pengurus NU HST dan delapan ekor untuk warga," kata Saufi.

Kenapa di HST paling banyak? Saufi menjelaskan karena Kabupaten HST paling parah terdampak bencana alam, khususnya banjir yang terjadi beberapa bulan lalu.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan bantuan kurban tersebut bisa lebih meringankan beban dan membantu warga yang terdampak pandemi serta merosotnya ekonomi saat ini. "Semoga bermanfaat dan setidaknya daging kurban nanti dapat dinikmati bersama warga yang memang benar-benar memerlukan," katanya.

Sebelumnya, Bupati HST H Aulia Oktafiandi juga mengucapkan terimakasih kepala NU CARE - LAZISNU atas sumbangan kepada warga HST berupa hewan kurban.

"Saya atasnama pemerintah daerah sangat mengapresiasi bantuan kerjasama ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi warga HST serta semoga amal ibadah para penyumbang dapat diterima oleh Allah SWT," kata Bupati.

Bantuan sebanyak delapan ekor sapi tersebut disalurkan kepada Pengurus Masjid Nurul Huda Desa Panggang Marak, Masjid At-Taqwa Desa Tatah Barikin, Masjid Nurul Huda Desa Mahang Baru, Masjid As-Shalikin Desa Binjai Pirua, Masjid Taqwa Desa Banua Kupang, Masjid Al-Jawahir Desa Batu Panggung, Masjid Darul Mutaqin Desa Pauh dan Masjid Al-Wustha Desa Limpasu.

Baca juga: Sebanyak 500 bibit pohon ditanam di wilayah Meratus
Baca juga: Ribuan al-qur'an dibagikan kepada para santri di pelosok Kabupaten HST
Baca juga: HST waspadai penyakit cacing hati pada setiap hewan kurban

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021