Kalangan wakil rakyat Kabupaten Kotabaru, meminta pemerintah daerah setempat mengoptimalkan pencegahan dan penaggulangan bencana di daerah.

"Pencagahan dan penaggulangan musibah bencana harus sinergitas antara satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD satu dengan yang lainnya," kata anggota DPRD Kotabaru dari Partai Amanat Nasional (PAN), M Lutfi, dilaporkan, Ahad.

Dikatakan, pengoptimalan tersebut bisa lelalui pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang kegiatan pencegahan, guna mengantisipasi terjadinya musibah bencana alam atrau yang lainnya.

Melelngkapi dan memperbaiki peralatan penunanjang yang lainnya dalam menanggulangan saat terjadi musibah bencana.

Mencegah datangnya musibah sejak dini menjadi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan secara bersama-sama, baik itu oleh pemerintah dalam hal ini SKPD sebagai leding sektor maupun semua kelompok masyarakat.

Oleh karenanya, perlu adanya edukasi kepada masyarakat, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah rawan bencana alam atau yang lainnya.

Tingkatkan sosialisasi, memenuhi sarana yang dibutuhkan, memperbaiki peralatan yang rusak adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan dalam mengantisipasi jatuhnya korban, baik untuk korban jiwa maupun korban harta.

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021