Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Tapin Fadlian Noor di Rantau, Rabu, mengatakan rapat koordinasi batas wilayah antara Tapin dengan Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Hulu Sungai Selatan (HSS) berjalan lancar.

"Rapat kita tadi menyampaikan informasi kepada camat yang wilayahnya berbatasan langsung dengan perbatasan terkait hasil pelacakan perbatasan di lapangan, semuanya lancar,"ujarnya.

Terkait batas wilayah Tapin dengan Batola dikatakannya dari benang 61 KM sudah disepakati, selanjutnya tinggal kesepakatan antar kedua kepala daerah. 

"Kalau Kabupaten Tapin dengan HSS hampir rampung, tinggal beberapa titik yang harus diperhalus. Sama HSS menuju kesepakatan akhir," ujarnya. 

Wilayah perbatasan Tapin dengan HSS dikatakannya ada 112 KM dan sudah 95 persen selesai terkait batas wilayah. 

Batas wilayah antara Batola berada di Kecamatan Candi Laras Utara sedangkan HSS ada di lima wilayah yaitu : Candi Laras Utara, Candi Laras Selatan, Bakarangan, Lokpaikat dan Piani. 

"Kalau sama Kabupaten Banjar sudah sepakat sejak 2018 Permendagri No 46. Jadi, bentangan batas 136 KM sudah disepakati," ujarnya. 

Selanjutnya terkait perbatasan antara Tapin dengan Batola dan HSS berlanjut ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. 

Bupati Tapin HM Arifin Arpan berharap tidak ada permasalahan terkait batas wilayah di daerah. 

"Semoga berjalan lancar, terkait batasan wilayah untuk memudahkan tanggung jawab dan mengurus wilayah masing masing," ujarnya. 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021