Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar pelatihan pengelolaan perpustakaan yang diikuti sekitar 100 orang pustakawan di tingkat SD hingga SMP termasuk pengawas dan penilik sekolah yang bertempat di Aula Dinas pendidikan setempat.

"Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua angkatan, angkatan pertama sudah berlangsung dari tanggal 7 hingga 10 Juni 2021 yang diikuti sebanyak 50 orang," kata Kabid GTK dan Kebudayaan Dinas Pendidikan HST, Muhammad Arsyad, Kamis (17/6).

Sedangkan untuk angkatan kedua, dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 17 Juni 2021 dengan nara sumber langsung dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalsel dan Dinas Perpustakaan Kabupaten HST.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi PTK serta perwujudan peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 15 Tahun 2015 tentang kurikulum dan garis-garis besar program pembelajaran pendidikan dan pelatihan pustakawan tingkat ahli (alih kategori)," kata Arsyad.

Menurut dia, kegaiatan itu juga dalam rangka meningkatkan kinerja, tugas dan tanggung jawab sumberdaya pengelola perpustakaan, dengan cara memperdalam ilmu pengetahuan dan teknik keperpustakaan yang berhubungan dengan aspek profesi dan keahlian.

"Setelah pelatihan ini diharapkan pengelolaan perpustakaan di sekolah khususnya tingkat SD dan SMP mempunyai hasil kerja yang lebih baik," ujarnya.

Kedepan, pihaknya juga menyatakan akan mengontrol ke sekolah-sekolah, apakah setelah pelatihan ini pengelolaan perpustakaan masih acak-acakan atau tambah baik.

"Kita akan evaluasi seluruh sekolah, agar ke depan pengelolaan perpustakaan sekolah di Kabupaten HST lebih baik lagi," tuntasnya.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di HST akan dimulai simulasinya 21 Juni
Baca juga: Tujuh SD di Kabupaten HST terima program MBKM dari tiga Universitas
Baca juga: Penyelesaian tapal batas antara Kabupaten HST dengan Kotabaru memanas

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021