Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA memantau langsung kesiapan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 salah satunya di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. 

"Semua tahapan sudah dilaksanakan berdasarkan penjelasan KPPS di sini (Kecamatan Binuang), undangan juga sudah dibagikan, yang tidak memenuhi syarat juga sudah diketahui, protokol kesehatan juga sudah siap," ujarnya di Binuang, Selasa. 

Sebagai orang nomer satu sementara di Kalsel, Dia memberikan semangat dan mengucapkan kepada seluruh yang bertugas bahwa penyelenggaraan PSU Pilgub Kalsel 2020 adalah bagian dari tugas negara. 

"Kita berharap besok 9 Juni pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan dari KPU supaya prosesi Pilgub Kalsel 2020 dapat segera bisa kita Paripurna kan, kita selesaikan," ujarnya. 

Bersama Pj Gubernur Kalsel, Wakil Bupati Tapin Syafrudin Noor mengatakan hal senada, ditekankan kepada penyelenggara dan pemilih agar memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. 

"Mereka sudah melaksanakan Bimtek, tentunya persiapan sudah matang. Untuk itu, mari sama-sama berdoa semoga PSU berjalan dengan lancar dan sukses serta aman," harapnya. 

Monitoring yang dilakukan Pj Gubernur Kalsel itu juga diikuti oleh KPU RI, KPU Kalsel, Bawaslu Kalsel, jajaran Polda Kalsel dan jajaran Danrem 101 Antasari.

Kedatangan rombongan langsung disambut oleh Wakil Bupati Tapin, didampingi Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto, Dandim 1010 Tapin Letkol Inf Andi Sinrang, Ketua KPU Tapin Henny Hendriyanti dan Ketua Bawaslu Tapin Thessa Aji Budiono.

Baca juga: Ketua KPU RI harapkan tidak ada PSU susulan di Pilgub Kalsel 2020

PSU itu adalah hasil dari keputusan sidang Mahkamah Konstitusi pada Jum'at, (19/3) terkait sengketa Pilgub Kalsel 2020 antara pasangan H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin (BirinMu) paslon 01 melawan pasangan H. Denny Indrayana dan H. Defriadi (H2D) paslon 02. 

Rincian hak suara di 24 TPS di Kecamatan Binuang yang menyelenggarakan PSU menurut data KPU Tapin : Kelurahan Binuang 1.972 suara, Kelurahan Raya Belanti 733 suara , Desa Tungkap 1.741 suara, Desa Pulam Sari 1.457 suara, Desa Padang Sari 154 suara dan Desa Mekar Sari 341 suara.

Di wilayah PSU itu sebelumnya dimenangkan BirinMu dengan perolehan suara sebanyak 6.027 sedangkan H2D hanya mendapatkan 190 suara. Di 24 TPS itu angka partisipasi mencapai 100 persen.
 
Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA pantau persiapan penyelenggaraan PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin (ANTARA / Muhammad Fauzi Fadilah)
 
Baca juga: Tercatat 55 warga meninggal dunia di data DPT KPU Tapin

Baca juga: Wakil Bupati Tapin ajak masyarakat sukseskan PSU Pilgub Kalsel 2020

Baca juga: Pj Gubernur Kalsel harapkan PSU di Tapin berjalan lancar dan damai

Baca juga: Situasi Kamtibmas jelang PSU di Binuang diharapkan aman


 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021