Menjelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020, Direktorat Intelkam Polda Kalsel menjalin silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan ulama di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. 

Anggota Direktorat Intelkam Polda Kalsel, Bripka Sarwo mengatakan dalam silaturahmi itu diisi dengan buka puasa bersama di kediaman tokoh masyarakat setempat dan penyampaian terkait PSU dalam tausiyah oleh Guru Abdul Samad yang juga merupakan pimpinan Majelis Taqlim Al Hidayah Binuang.

"Seperti yang disampaikan dalam tausiyah Tuan Guru Samad khususnya kepada masyarakat di Kecamatan Binuang yang akan melaksanakan PSU untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif," ujar Polisi itu. Jum'at di Binuang. 

Dia mengatakan selain di Kecamatan Binuang juga dilaksanakanan hal serupa di wilayah Kalsel yang melaksanakan PSU 9 Juni 2021 mendatang. 

"Saya berharap apa yang sudah disampaikan tuan guru Samad ini bisa dapat dilaksanakan di masyarakat. Artinya bahwa pemberitaan di media-media sosial akhir-akhir ini jangan langsung ditelan mentah-mentah. Masyarakat diharapkan cerdas membedakan mana berita yang hoax dan mana yang tidak," jelasnya.
 
H. Sahlan tokoh masyarakat Binuang saat menyampai pesan untuk menjaga khamtibmas jelang PSU di Kalsel.(ANTARA / Muhammad Fauzi Fadilah)


H. Sahlan tokoh masyarakat setempat, mengharapkan hal serupa yaitu agar pelaksanaan PSU di 24 TPS di Kecamatan Binuang dapat berjalan dengan lancar serta damai. 

"Kita harapkan mudahan lancar, aman dan tertib, jangan sampai ada keributan. Kita harapkan partisipasinya, siapa pun gubernur terpilih nantinya terima saja siapa pun yang menang," pesannya. 

PSU itu adalah hasil dari keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jum'at, (19/3) terkait sengketa Pilgub Kalsel 2020 antara pasangan H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin (BirinMu) paslon 01 melawan pasangan H. Denny Indrayana dan H. Defriadi (H2D) paslon 02.

PSU Pilgub Kalsel 2020 itu sesuai perintah MK pelaksanaannya di Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Sambung Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluh-Aluh, satu Kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni, Banjarmasin Selatan serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di titik PSU itu sesuai Pilgub 2020 sebanyak 266.736 pemilih pada 827 tempat pemungutan suara (TPS).
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021