Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor mengajak masyarakat untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Binuang dengan aman dan damai. 

"Mari sama-sama mendukung dan menyukseskan PSU di Kabupaten Tapin, dengan cara menggunakan hak pilihnya," ujarnya. 

Dia berpesan agar pihak penyelenggara dapat mempersiapkan PSU di Kecamatan Binuang sebagaimana mestinya. 

"Ini perlu dilakukan, agar tidak ada lagi kecurangan atau pelanggaran. Baik dari masyarakat maupun dari pihak penyelenggara," jelasnya.

Dia pun mengapresiasi langkah penyelenggara, karena sejak dini sudah berkoordinasi dengan Polri, TNI dan Bawaslu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan serta meminimalisir terjadinya kecurangan.

"Mari sama-sama menertibkan dan menyukseskan pesta demokrasi 9 Juni nanti," ujarnya. 

Nantinya selesai PSU, Dia berharap agar masyarakat Tapin khususnya Kecamatan Binuang yang menyelenggarakan dapat menerima hasil yang telah tertetapkan oleh hasil suara. 

"Jadi siapapun nantinya yang  terpilih, itulah yang akan ditakdirkan memimpin Kalimantan Selatan," jelasnya.

PSU itu adalah hasil dari keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jum'at, (19/3) terkait sengketa Pilgub Kalsel 2020 antara pasangan H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin (BirinMu) paslon 01 melawan pasangan H. Denny Indrayana dan H. Defriadi (H2D) paslon 02.

Di Kecamatan Binuang dirinci dari data KPU Tapin untuk Kelurahan Binuang 1.972 suara, Kelurahan Raya Belanti 733 suara , Desa Tungkap 1.741 suara, Desa Pulam Sari 1.457 suara, Desa Padang Sari 154 suara dan Desa Mekar Sari 341 suara.

Di Kecamatan Binuang itu sebelumnya dimenangkan BirinMu dengan perolehan suara sebanyak 6.027 sedangkan H2D hanya mendapatkan 190 suara. Di 24 TPS itu angka partisipasi mencapai 100 persen

PSU Pilgub Kalsel 2020 itu sesuai perintah MK pelaksanaannya ada di Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Sambung Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluh-Aluh, satu Kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni, Banjarmasin Selatan serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di titik PSU itu sesuai Pilgub 2020 sebanyak 266.736 pemilih pada 827 tempat pemungutan suara (TPS).

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021