Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA harapkan penyelenggaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 di Kabupaten Tapin berjalan lancar dan damai. 

"Tapin adalah salah satu kabupaten yang menyelenggarakan PSU pada 9 Juni nanti, tetap ciptakan keadaan yang kondusif agar pelaksanaan PSU berjalan lancar dan damai," ujarnya saat bersilaturahmi dengan Bupati Tapin, di laporkan Rabu. 

Sama halnya dengan Pj Gubernur Kalsel, Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan hal serupa yaitu penyelenggaraan PSU berjalan sebagaimana mestinya. 

Hal senada pun pernah disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Binuang, H Sahlan beberapa waktu lalu, untuk pelaksanaan PSU di wilayahnya. 

"Kita harapkan mudahan lancar, aman dan tertib, jangan sampai ada keributan. Kita harapkan partisipasinya, siapa pun gubernur terpilih nantinya terima saja siapa pun yang menang," pesannya, Jum'at saat melaksanakan acara keagamaan di kediamannya di Binuang. 

Baca juga: Situasi Kamtibmas jelang PSU di Binuang diharapkan aman

Baca juga: Menjelang PSU Pilgub Kalsel 2020 tidak boleh ada kampanye

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin sedang mempersiapkan penyelenggaraan PSU di 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Binuang. 

"Besok, Kamis 29 April rencananya dilaksanakan Bimtek tata kerja selama dua hari," ujar Ketua KPU Tapin Hj Henny Hendriyanti. 

PSU itu adalah hasil dari keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jum'at, (19/3) terkait sengketa Pilgub Kalsel 2020 antara pasangan H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin (BirinMu) paslon 01 melawan pasangan H. Denny Indrayana dan H. Defriadi (H2D) paslon 02.

PSU Pilgub Kalsel 2020 itu sesuai perintah MK pelaksanaannya di Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Sambung Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluh-Aluh, satu Kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni, Banjarmasin Selatan serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di titik PSU itu sesuai Pilgub 2020 sebanyak 266.736 pemilih pada 827 tempat pemungutan suara (TPS).

Khususnya di Kecamatan dirinci dari data KPU Tapin untuk Kelurahan Binuang 1.972 suara, Kelurahan Raya Belanti 733 suara , Desa Tungkap 1.741 suara, Desa Pulam Sari 1.457 suara, Desa Padang Sari 154 suara dan Desa Mekar Sari 341 suara.

Di wilayah PSU itu sebelumnya dimenangkan BirinMu dengan perolehan suara sebanyak 6.027 sedangkan H2D hanya mendapatkan 190 suara. Di 24 TPS itu angka partisipasi mencapai 100 persen

Baca juga: KPU Tapin mulai penerimaan badan ad hoc PSU di 24 TPS

Baca juga: Polres Tapin siap amankan PSU Pilgub Kalsel

Baca juga: KPU Tapin siap lakukan PSU bagi 6.398 pemilih

Baca juga: Ketua tim pemenangan BirinMu di Tapin optimis menang PSU di 24 TPS





 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021