Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan mengapresiasi Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) yang membangun kemitraan lebih erat dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Disdikbud Kalsel Drs Syamsuri, MA pada saat mengikuti wabinar dengan seluruh kepala sekolah SMK se-Kalimantan beberapa waktu lalu.

Menurut dia, program kemitraan yang mulai dibangun erat oleh Poliban dengan SMK se-Kalsel ini merupakan sebuah terobosan baru untuk meningkatkan SMK di Kalsel sebagai pusat unggulan.

"Karena sesuai dengan program yang dicanangkan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yaitu melahirkan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)," ujarnya.

Dia pun mengharapkan, program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. 

Sebab dia menyakini, Poliban sebagai kampus vokasi terkemuka di Kalsel ini mampu melaksanakan itu untuk bertugas membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas dan siap kerja di dunia industri.

Apalagi, ujarnya, Poliban memiliki kemitraan yang luas di dunia usaha dan industri, hingga siswa-siswi SMK memiliki peluang besar untuk berkarir menatap masa depan yang lebih bagus.

Menurut Syamsuri, pemerintah provinsi tentunya akan membantu kemitraan ini agar berjalan dengan baik dan mengahsilkan sesuai yang diharapkan.

Harapannya tentunya, kata dia, untuk pencapaian kemitraan dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja, disingkat DUDIKA.

Apalagi Poliban menyatakan siap untuk membuka Program SMK-D2 Fast Track atau SMK-D2 Jalur Cepat, yakni, SMK 3 tahun “dinikahkan” dengan 3 semester di D2 di politeknik atau kampus vokasi.

"Ini program yang luar biasa bagus, kita di pemerintah provinsi atau Disdikbud Kalsel sangat mendukung," ujarnya.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021