Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan pencanangan bulan panutan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2), di halaman Kantor Bupati HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Kamis (20/5), mengatakan pencanangan bulan panutan taat bayar PBB ini momentum dalam rangka memberikan motivasi bagi masyarakat untuk melunasi tagihan PBB lebih awal, dalam mentaati dan mematuhi kewajiban sebagai warga negara dalam membayar pajak.

"PBB-P2 merupakan salah satu sumber pendapatan daerah, yang hasilnya menjadi salah satu unsur penentu kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten HSS," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Pekan panutan pajak, Bupati HSS terima plakat penghargaan

Dijelaskan dia, pelunasan PBB-P2 agar diutamakan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) terlebih dahulu, supaya kemudian dapat mendorong dan menjadi contoh bagi masyarakat agar patuh dan taat dalam membayar pajak.

Kegiatan ini seperti tahun-tahun lalu untuk mendorong semua ASN yang menjadi contoh untuk cepat membayar PBB. Upaya dalam mendorong ASN, karena ASN contoh di masyarakat, serta diharapkan masyarakat juga akan membayar PBBnya.

"Karena sepenuhnya menjadi pendapatan daerah, jadi semakin terpenuhi kewajiban PBB maka pendapatan kita juga semakin baik," katanya.

Baca juga: Bupati HSS : Reward PBB untuk motivasi para camat cepat dalam pelunasan

Menurut dia, para camat juga punya komitmen untuk bisa segera melunasi sebelum waktunya oleh masyarakat di wilayahnya, dan akan terus didorong agar cepat lunas.

Sebab bagaimanapun juga, PBB adalah pajak yang 100 persen milik daerah yang akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), diperuntukkan pengunaannya dalam membangun daerah.

Pencanangan bulan panutan pembayaran PBB-P2 tahun 2021 ini ditandai dengan penyerahan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) oleh Bupati H. Achmad Fikry kepada para camat se Kabupaten HSS, dan pembayaran diawali Bupati HSS diikuti para kepala Organisasi Perangkat Daerah HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021