Di akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin masih tetap semangat membantu warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah yang parah.

Seperti yang dilakukannya pada Kamis (11/2) malam, Paman Birin bersama komunitas trail berhasil menerobos wilayah Pegunungan Meratus ke Desa Datar Ajab untuk menyerahkan bantuan kepada warga setempat yang merupakan wilayah paling terisolir terdampak banjir dan longsor.

Paman juga memantau kerusakan yang terjadi, baik rumah, jembatan, sekolah dan infrastruktur lainnya.

Sebelumnya, sore hari Paman terlebih dahulu mendatangi desa Waki, Kecamatan Batu Benawa, bersama Sekda HST Faried Fakhmansyah dan menuerahkan sebanyak 400 paket sembako.

Bantuan tersebut diterimakan oleh Pambakal Waki yaitu Iwan untuk nantinya disalurkan kepada para korban yang terdampak banjir.

Selain itu, bantuan serupa sebanyak 600 paket, juga Paman serahkan kepada Camat Hantakan Kartadipura.

Menurutnya, seluruh bantuan tersebut berasal dari Paman pribadi. Bantuan resmi dari Pemrov Kalsel maupun Presiden sudah lama disalurkan secara bertahap dan bergelombang ke Hantakan ataupun wilayah HST pada umumnya.

Sebenarnya, pada Selasa 19 Januari 2021 lalu, Paman juga sudah berkunjung ke HST untuk menyalurkan bantuan Presiden maupun Pemprov Kalsel. Paman juga memantau dari udara situasi banjir di HST.

Setelah itu secara bergelombang, paman memerintahkan seluruh SKPD Pemprov Kalsel mendatangi dan membantu para dingsanak di HST, terutama wilayah kecamatan Hantakan.

Selaku pribadi maupun gubernur, Paman menyatakan kedukaan mendalam. Bersama Pemerintah pusat, Pemprov Kalsel dan Pemkab HST memberikan bantuan tanggap darurat dan menyiapkan langkah-langkah rehabilitasi pasca banjir. Agar HST bisa bangkit kembali.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021