Kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI), H Joko Widodo Ke Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk meresmikan bendungan di Kabupaten Tapin dan meninjau kondisi pascabanjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ditunda.

"Kedatang Presiden RI Joko Widodo ke HST ditunda," kata Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten HST, H Aidi Rozain, saat dikonfirmasi ANTARA, Minggu (31/1) di Barabai.

Info penundaan tersebut didapat Aidi dari hasil koordinasi dengan Protokol Gubernur yang langsung disampaikan oleh Protokol Kepresidenan.

Penundaan kedatangan Presiden tersebut menurutnya sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Sebelumnya, jajaran Pemkab HST pada Sabtu (31/1) di Posko Induk atau Stadion Murakata Barabai bersama jajaran TNI Polri melakukan beberapa persiapan diantaranya memasang tenda dan keperluan penyambutan lainnya.

Bahkan, Plt Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali juga datang menggunakan Helikopter Ke Kabupaten HST bersama-sama dengan Danlanud, Kasiren Korem 101/Antasari dan Dandenpom VI-2/Banjarmasin meninjau lokasi  kedatangan Jokowi.

Bersama dengan Wabup HST, Dandim 1002 Barabai dan Kapolres HST,  meninjau lokasi dan jalur rencana kedatangan Jokowi di Desa Baru atau Waki, Kecamatan Batu Benawa untuk persiapan penyambutan.

Sebelumnya, Presiden  Jokowi dijadwalkan akan kembali  mengunjungi warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah Provinsi Kalsel pada tanggal 3 Februari 2021.

Salah satu daerah yang akan dikunjungi Jokowi adalah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang merupakan wilayah terparah terdampak banjir di Kalsel.

Pada lawatan ke HST, Jokowi direncanakan datang menggunakan Helikopter dan mendarat di Stadion Murakata, Mandingin Barabai atau Posko Induk Penanganan Banjir pada Rabu (3/1/2021) sekitar pukul 13.30 WITA.

Setelah mendarat, rombongan RI 1 tersebut akan langsung menggunakan mobil menuju desa Baru atau Waki Kecamatan Batu Benawa untuk cek kondisi pascabanjir dan bertemu dengan warga yang terdampak.

Alasan ditundanya kedatangan Jokowi ke sejumlah daerah di Kalsel belum diketahui dan kapan akan kembali melakukan kunjungan kerja di Kalsel juga belum dapat dipastikan

"Penundaan kedatangan Jokowi sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Info yang kami terima dari protokol istana, beliau ada agenda yang lebih urgent dan harus dihadiri ditempat lain," kata Kabag H Aidi Rozain.

Baca juga: Pemkab HST lakukakan beberapa persiapan sambut kedatangan Jokowi
Baca juga: Jokowi berencana ke HST 3 Februari, cek kondisi pascabanjir
Baca juga: Wabup Berry: Jokowi harus melihat secara utuh dampak banjir di HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021