Calon Bupati (Cabup) Nomor Urut 5, Berry Nahdian Forqan, menyampaikan kalau ingin memajukan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), tentunya harus dengan memajukan bidang pertanian, dalam pemaparan di debat kedua kandidat calon bupati dan wakil bupati oleh KPU HST beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pihaknya ingin mendorong penguatan kemandirian ekonomi dan penguatan kemandirian para petani, karena mana sebagian besar penduduk di Kabupaten HST berprofesi sebagai adalah petani.

"Memajukan pertanian melalui program penguatan sarana dan prasarana penunjang pertanian, kita akan bangun kembali satu waduk yang bisa mengairi sekitar 15 ribu hektar lahan pertanian," katanya.

Baca juga: Judi di tradisi aruh adat, ini upaya persuasif BERANI hingga penegakan hukum

Dijelaskan dia, kemudian juga apabila terpilih nantinya bersama Calon Wakil Bupati HST, H Pahrijani akan terus mengembangkan teknologi pertanian, mulai dari budidaya pertanian, pengolahan hasil, sampai dengan pemasarannya.

Dan dalam mewujudkan visi misi paslon BERANI, agar HST maju, agamis, bungas hampai ka buncu, visi misi tersebut mengacu kepada RPJMD Kabupaten HST, RPJMD provinsi, dan RPJM Nasional, sesuai dengan program strategis provinsi dan nasional.

Serta melihat kondisi objektif potensi dan permasalahan yang ada di banua, pihaknya merumuskan visinya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, baik, merakyat dan melayani, dengan program berbasis informasi teknologi, satu data, satu sistem.

"Kita ingin mendorong penguatan dan pemberdayaan pemerintah masyarakat desa, dan masyarakat adat melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," katanya. 

Baca juga: Berry terobos rimba Pegunungan Meratus, sapa warga di pelosok

Pihaknya juga mendorong penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)  melalui pendidikan dan kesehatan, di mana kita ingin mendorong adanya pendidikan yang berkarakter, berkarakter agamis tentunya, dan memberikan beasiswa pada anak kita yang berprestasi.

Juga membangun dan mendorong seni budaya dan olahraga, dan yang terakhir tentu membangun dengan perspektif kelestarian lingkungan hidup, dengan program siaga bencana dan "Save Meratus".

Calon Wakil Bupati HST, H Pahrijani, menambahkan pihaknya bertekad dan berkomitmen untuk menjaga pegununngan Meratus, pembangunan harus berwawasan lingkungan, dan sesuai aturan perundang-undangan dan bermanfaat 100 persen untuk masyarakat Kabupaten HST.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020