Tim Penilai Nasional dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan evaluasi pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.

EvaluasI yang dilaksanakan secara virtual melalui video conference (vidcon) diikuti Kepala BPS HSU Sukma Handayani beserta jajaran di Aula Kantor BPS Kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Kita melakukan pembangunan zona integritas pada enam area yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana,  sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas,  pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik," Ujar Sukma di Amuntai, Kamis (5/11).

Sukma mengatakan, pembangunan Zona Integritas (ZI) harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas satuan kerja (satker) yang bersih, bebas KKN dan meningkatkan pelayanan publik.

Disampaikannya, pihak BPS Kabupaten HSU sudah membentuk tim ZI sejak awal 2020 dan melakukan pencanangannya pada 17 Juni 2020.

Kepada Tim penilai Nasional, Sukma memaparkan upaya dan langkah yanng ditempuh dalam pembangunan zona integrasi di enam area satker BPS HSU.
 
Kepala BPS HSU Sukma Handayani, M.Si memaparkan pembangunan zona integritas saat vidcon evaluasi di Aula BPS HSU, Kamis. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

"Kita berupaya berubah pola pikir atau mind set pegawai kita di BPS agar meningkatkan kapasitas kinerja dan akuntabilitas," katanya.

Dikatakan, dimasa Pandemi COVID-19 BPS HSU terus berupaya mengembangkan SDM pegawai BPS melalui pendidikan dan pelatihan secara daring.

Pemberian penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) juga dilakukan bagi pegawai BPS dalam rangka pembangunan ZI tersebut.

BPS juga mulai memanfaatkan teknologi informasi (IT) dalam pengembangan dan pengawasan kinerja serta pelayanan publik.

"Karena harus menerapkan Social Distancing, maka pegawai BPS lebih sering melakukan kerja dirumah atau 'Work From Home' sehingga rapat kerja, monitoring, pengawasan kinerja dan sebagainya melalui aplikasi daring," tandas Sukma.

Berbagai inovasi dilakukan kaitannya dengan pemanfaafan teknologi informasi, seperti penggunaan form google sheet yang sederhana SPD 2020 New Normal dan penggunaan LACI BPS untuk mengupload SKP dan CKP.
 
Suasana vidcon evaluasi zona integritas di BPS HSU di Amuntai, Kamis (5/11). (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

Inovasi memanfaatkan IT juga dilakukan untuk layanan pengaduan masyarakat melalui pemanfaatan google form, bisa diakses melalui s.bps.go.id/laporbpshsu.

Pengaduan melalui media sosial (WA, IG dan Twitter) dan pengaduan melalui kotak 'Whistle Blowing' serta SMS 0811 500 8577.

BPS HSU, lanjut Sukma, menandatangi piagam komitmen bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten HSU guna mengimplementasikan prinsip 'Satu Data Indonesia'.

Pengguna layanan BPS diketahui banyak berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang jumlahnya terus meningkat. Sehingga BPS HSU melakukan inovasi melalui program 'ACIL BUNGAS' yakni Area kecil biar ulun ngerti Statistik yang disediakan diantaranya di  Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Amuntai.

BPS HSU setiap tahun juga melaksanakan lomba matematika bagi pelajar SLTA untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap data dan statistika.

Pihaknya juga tak lupa melengkapi berbagai fasilitas layanan di Kantor BPS seperti tempat bermain anak, ruang laktasi, fasilitas difabel, tempat parkir, mushola dan sebagainya.

Rekrutmen terhadap petugas PPNPN dan SP2020 juga dilakukan secara terbuka untuk menghindari benturan kepentingan.

Selaku Ketua Tim Pembangunan ZI BPS Kabupaten HSU, Sukma berterima kasih kepada semua mitra kerja, khususnya pemerintah daerah serta jajaran BPS yang telah berkomitmen dan bekerja sama dalam membangunan ZI menuju WBK dan WBBM di BPS HSU.

Sehingga beberapa prestasi, penghargaan dan progres telah dicapai BPS HSU dalam empat tahun terakhir.

Sukma menginformasikan, penghargaan dari KPPN Tanjung pada 2018 -2019 atas kepatuhan dalam pengisian/penyusunan LHKPN dimana BPS HSU berada pada peringkat pertama dengan kategori penilaian sangat baik.

Penghargaan dari KPPN Tanjung juga diraih BPS HSU atas penilaian indikator kinerja dalam pelaksanaan anggaran yakni peringkat satu di 2020 dengan nilai 98,74 kategori sangat baik.

"Nilai SAKIP juga mengalami peningkatan signifikan yakni dari nilai 64,52 pada 2017 menjadi 98,74 di tahun 2019.

BPS HSU juga mendapat penghargaan dari BPS pusat atas capaian kinerja response rate Sensus Penduduk Online 2020 melebihi target yang ditetapkan.

VIDEO BERITA TERKAIT :   

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020