Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj. Isnaniah Achmad Fikry memantau pelaksanaan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Secara Klinis (SADANIS), di Puskesmas Sungai Pinang, Daha Selatan dan Puskesmas Pasungkan, Daha Utara.

Ia mengatakan, dengan pemeriksaan ini maka para wanita dan ibu-ibu di Kabupaten HSS bisa terhindar dari kanker, terutama kanker payudara dan kanker rahim.

"Tes dan pemeriksaan ini rutin dilaksanakan di Kabupaten HSS, kerjasama dari TP PKK HSS dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS melalui Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dinas setempat," katanya, Kamis (22/10).

Baca juga: Tiga kecamatan di HSS laksanakan tes IVA dan SADANIS

Ketua TP PKK Kecamatan Daha Utara Yumi Ulfah, mengatakan test IVA dan SADANIS diikuti oleh 35 orang dari Puskesmas Pasungkan, serta 20 orang untuk Puskesmas Sungai Pinang.

Dijelaskan dia, para peserta dari anggota kader di wilayahnya yang masih berada dalam pelayanan Puskesmas Pasungkan 35 orang, sedangkan untuk di Puskesmas Sungai Pinang diikuti oleh 20 orang dari lima desa.

Di Kecamatan Daha Selatan jumlah peserta yang telah mengikuti tes IVA sebanyak 80 orang di tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Bayanan, Puskesmas Sungai Pinang serta Puskesmas Baruh Jaya.

Baca juga: Dukung gebrak masker, PKK Kalsel serahkan bantuan 25 ribu masker untuk PKK HSS

"Kami berharap agar kegiatan ini akan terus dapat dilaksanakan ke depannya, karena ini sangat berguna untuk kader dalam merawat kesehatannya,” katanya.

Selesai meninjau tes IVA dan SADANIS, Ketua TP PKK HSS didampingi Wakil Ketua I Srie Astuti juga membagikan masker gratis kepada para peserta tes dan mengingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020