Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj Isnaniah Achmad Fikry melakukan peninjauan terhadap pemeriksaan tes IVA dan SADANIS di tiga Kecamatan, meliputi Kecamatan Kandangan, Padang Batung dan Telaga Langsat.

Ketua TP. PKK Kecamatan Kandangan, Dewi Fahrina Megasari, di Kandangan, Selasa (20/10), mengatakan pemeriksaan ini dilaksanakan di 3 Puskesmas, yakni Puskesmas Kandangan, Puskesmas Gambah, dan Puskesmas Jambu Hilir.

Baca juga: 39 orang ikuti tes IVA dan Sadanis di Kecamatan Loksado

"Tujuan pemeriksaan tentunya agar wanita Indonesia, khususnya Kabupaten HSS bisa mengetahui dan mendeteksi secara dini kanker serviks maupun kanker payudara," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, peninjauan oleh ketua TP PKK HSS dilakukan sebelumnya ke Puskesmas Jambu Hilir, dilanjutkan kembali menuju Puskesmas Kaliring Kecamatan Padang Batung, dan Puskesdes Gumbil Kecamatan Telaga Langsat.

Baca juga: Sembilan orang positif IVA di HSS, akan dijadwalkan ulang pemeriksaannya

Selain meninjau pelaksanaan IVA Test dan SADANIS, ketua TP PKK HSS juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan di masa pandemi, serta membagikan masker kain yang bisa digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk peserta yang mengikuti tes pada hari ini terdiri dari 32 orang pada Puskesmas Jambu Hilir, Puskesmas Kaliring 22 Orang, dan Puskesdes Gmbil 19 orang, kegiatan ini kerjasama PKK HSS dan Dinas Kesehatan HSS di seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) serta rutin diadakan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020