Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas PMD Kabupaten Tapin melaksanakan sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam pemulihan dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Desa Pulau Pinang Kecamatan Binuang Kab. Tapin.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (29/9) di Balai Desa Pulau Pinang tersebut diikuti oleh 50 peserta.

Kepala Dinas PMD Pemkab Tapin, Rahmadi mengatakan, sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam pemanfaatan potensi SDA yang ada di daerah.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya memberikan stimulus atau membangkitkan gairah perekonomian masayarakat Desa akibat Pandemi Covid 19," ujarnya, Selasa (29/8).

Dikatakan Rahmadi, Desa Pulau Pinang sendiri mendapat bantuan hibah dana sebesar Rp40 juta dari Dinas PMD Provinsi Kalsel yang digunakan untuk pengembangan ternak Kambing Etawa.

"Pengembangan ternak kambing etawa di Desa Pulau Pinang ini merupakan binaan Dinas PMD Tapin," ujarnya.

Ir. Nurul Kartini Plt Kabid Pengembangan Kawasan Perdesaan  Dinas PMD Kalsel mengatakan, bahwa Dinas PMD Propinsi kalsel sangat berterima kasih atas kesediaan Desa Pulau Pinang yang telah menerima Hibah sebesar 40 jt untuk pengembngan ternak Kambing Etawa yang juga binaan Dinas PMD Kab. Tapin.

"Kami berharap Desa Pulau Pinang dapat mengembangkan kembali potensi-potensi sumber daya alam yang ada di desanya untuk menggairahkan ekonomi di desa," ujarnya.

Dijelaskan Nurul Kartini, bahwa  Kambing Etawa ini sendiri selain dapat dimakan dagingnya juga dapat diambil susunya yang terkenal banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020