Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin secara resmi memberlakukan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 68 Tahun 2020 tentang pelaksanaan penegakkan hukum (Lakgakkum) protokol kesehatan (prokes) pada masa pandemi Covid-19 di Kota Banjarmasin, Selasa.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, dalam pengawasan pemberlakuan Perwali yang mewajibkan masyarakat untuk menerapkan disiplin protokol pencegahan Covid-19 itu, Pemko memutuskan melibatkan seluruh SKPD serta unsur TNI-Polri.

"Kami kira sudah cukup untuk menerapkan Perwali yang sebelumnya telah melalui tahap sosialisasi ke masyarakat selama 3 pekan ini," ucap beliau usai melaksanakan Apel Pelepasan Petugas Penertiban Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan di halaman Gedung Balaikota Banjarmasin.

Menurut orang nomor satu di kota berjuluk Seribu Sungai itu, saat ini hampir 90% masyarakat sudah menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam kesehariannya
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, dalam pengawasan pemberlakuan Perwali yang mewajibkan masyarakat untuk menerapkan disiplin protokol pencegahan Covid-19 itu, Pemko memutuskan melibatkan seluruh SKPD serta unsur TNI-Polri.
. "Kesadaran akan disiplin protokol kesehatan sudah terbangun dalam diri masyarakat, terutama dalam hal penggunaan masker," ungkap Beliau.
Dengan demikian, Beliau berharap adanya Perwali ini menyebabkan kesadaran masyarakat semakin bertambah.

 "Jangan ada lagi warga yang tidak memakai masker. Kalau masih ada juga terpaksa akan kita kenakan sanksi seperti yang sudah tertera dalam Perwali," jelas H Ibnu Sina.

Sanksi yang dimaksud berupa teguran lisan, teguran tertulis, hingga dalam bentuk denda uang tunai dan pencabutan izin bagi badan usaha yang melanggar.

Setiap orang selain dikenakan sanksi administratif sebagaimana dimaksud juga dapat dikenakan sanksi sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum.
Kendati saat ini Kota Banjarmasin sudah mengalami penurunan grafik kasus virus Corona, beliau tetap menegaskan untuk tidak lengah dengan apa yang terjadi. Sehingga beliau menegaskan untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan

. "Semoga ini semua dapat berjalan lancar dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Ini merupakan upaya kita agar bisa terlepas dari pandemi virus yang sedang mewabah di kota kita tercinta ini," tutup Beliau.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020