Jajaran Polda Kalimantan Selatan tidak terkecuali di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Utara sedang fokus pada tiga agenda yang terjadi dan akan terjadi hingga akhir 2020.

Tiga agenda tersebut adalah masalah pencegahan dan penanganan pandemi COVID 19, pencegahan dan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan serta pengamanan penyelenggaraan Pilkada Kalsel 2020.

Kapolres HSU AKBP Apri Darmawan melalui Kabag Ops Kompol Joko Sutopo di Amuntai, Jum'at (28/8) mengatakan sedikitnya ada tiga program kerja tersebut yang tengah difokuskan tanpa mengendurkan program kerja lainnya seperti penanganan kriminalitas, narkoba dan sebagainya.

"Sesuai kebijakan dan arahan Kapolda, kita tengah melakukan upaya pencegahan dan sosiliasi COVID 19, Karhutla dan kesiapan pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2020," ujar Joko di Amuntai, Jum'at (28/8).

Joko mengatakan, khususnya dalam sepekan terakhir, jajaran Polres bersinergi dengan TNI dan Satpol PP gencar mensosialisasikan Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) nomor  37 tahun 2020 yang secara garis besar menyangkut kewajiban masyarakat mentaati protokol kesehatan untuk memutus penyebaran wabah COVID 19 khususnya di HSU," ujar Joko.

"Tidak menutup kemungkinan jika sudah dilakukan sosialisasi masih dijumpai pelanggaran, maka akan diterapkan sanksi baik berupa teguran lisan, tertulis, balik badan ambil masker ataupun sanksi sosial seperti kenakan jaket, menyapu jalanan dan lainnya," terang Joko.

Sementara dalam upaya pencegahan Karhutla sudah dilakukan gelar apel kesiapan dan simulasi, jika terjadi titik api jajaran Polres HSU juga sudah mempersiapkan tim yang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengatasinya.

"Kita juga melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan dengan merangkul kelompok kelompok tani agar tidak mudah dalam membuka lahan dengan cara membakar," terangnya lagi.

Demikian pula tentang kesiapan pengamanan Pilkada Kalsel 2020 yang berlangsung Desember, jajaran Polres selalu melakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu.

"Kita monitor pendistribusian atau pergeseran surat suara dan lainnya sehingga kita memastikan seluruh tahapan Pilkada bisa berlangsung secara aman dan kondusif," kata Joko.

Sementara pihaknya juga mengikuti rapat koordinasi di Polda Kalsel membahas kemungkinan penambahan personil pengamanan dan strategi pengamanan lainnya.

VIDEO BERITA TERKAIT :  
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020