Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka secara resmi pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se Kabupaten HSS, bertempat di aula Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajul Abidin, Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS, Hendro Martono, di Telaga Bidadari, Senin (6/7), mengatakan di tengah pandemi COVID-19 seperti ini diharapkan agar UMKM kita tidak diam tempat apalagi mati.

"Kami akan selalu mendorong mereka untuk memperkuat minimal survive atau kemampuan bertahan dan kemampuan pengembangan terhadap produk mereka," katanya, dalam laporan kegiatan.
 

Pembukaan pelatihan bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: 19 orang wirausaha pemula HSS terima bantuan Kementerian Koperasi dan UKM

Dijelaskan dia, pelatihan perkoperasian dan pelatihan kewirausahaan bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) berlangsung selama empat hari pada tanggal 6 sampai 9 Juli 2020, para peserta berjumlah sebanyak 60 orang.

Ini bentuk pendampingan bagi UMKM yang punya semangat yang punya niat untuk maju, dan langkah untuk mendampingi agar ukm bisa berkembang maka dilakukan pendampingan berupa Bimbingan Teknik (Bimtek) ini.

Bimtek ini penting karena akan diberikan materi seperti strategi bisnis, pemasaran, pengemasan atau packaging yang standar, perizinan dan produksinya. Para peserta berjumlah 60 orang, terdiri dari 30 orang untuk pelatihan koperasi dan 30 orang untuk pelatihan kewirauahaan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan adanya pelatihan ini agar bisa menjadi acuan kepada para peserta untuk bisa menerapkan materi-materi yang telah diajarkan baik di sektor koperasi maupun UMKM.

 

Pembukaan pelatihan bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Puluhan pekerja terdampak COVID-19 dibantu Disnakerkop UKP HSS

“Kami ingin koperasi dan UMKM kita di tengah pandemi ini bisa tetap eksis, adanya pelatihan ini baik dari sektor koperasi dan ukm kita ini bisa punya wawasan yang lebih baik, dan mudah-mudahan nanti dengan fasilitas dari provinsi ada peluang produk mereka bisa dipasarkan,“ katanya.

Pelatihan ini dipandu narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalsel.

Turut Berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua MUI HSS Tuan Guru KH Riduan Baseri. Kepala Dinas Koperasi, Usaha dan Menengah Provinsi Kalsel Gustafa Yandi, asisten II, dan Camat Sungai Raya.
 

Pembukaan pelatihan bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020