Sebanyak 19 orang wirausaha pemula di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima bantuan dana dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM)  Republik Indonesia RI, bantuan secara simbolis diserahkan langsung Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS, Hendro Martono, di Kandangan, Rabu (17/6), mengatakan bantuan bagi wirausaha pemula ini hanya ada dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni HSS dan Hulu Sungai Tengah (HST).
 

Penyerahan donasi baju hazmat dari IKM HSS untuk para medis (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Disnakerkop UKP HSS dampingi 315 orang input kartu Prakerja

"Untuk Kabupaten HSS yang menerima sebanyak 19 orang dan Kabupaten HST sebanyak tiga orang," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, dari 19 wirausaha pemula yang mendapatkan bantuan ini masing-masing dari mereka akan mendapatkan bantuan dana mulai dari Rp10 juta sampai Rp12 juta per orang dengan total Rp215 juta.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan bantuan dana bagi wirausaha pemula dari kementerian ini didapatkan berkat gerak cepat yang dilakukan melalui Disnakerkop HSS, sebelum refokusing dana untuk COVID-19 sudah melakukan pengajuan dan patut disyukuri dana tersebut bisa dierima.
 

Kepala Disnakerkop UKP HSS Hendro Martono (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dekranasda HSS raih stand terbaik kedua BSF tahun 2020

Ke depannya pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada para wirausaha pemula ini, terlebih di masa pandemi sekarang ini, UMKM didorong untuk terus berkembang, hasil produksi mereka akan bisa disandingkan dengan tempat-tempat pariwisata di daerah.

Dalam kesempatan ini Disnakerkop UKP HSS juga memberikan bantuan 65 lembar baju hazmat level dua, hasil Bimbingan Teknis (Bimtek) IKM yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu kepada Bupati HSS, yang mana selanjutnya akan diserahkan kepada Tim Gugus Tugas HSS.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, Asisten Administrasi Pembangunan Kemasyarakatan sekaligus Plt Kadiskominfo HSS Sasmi Rifani.

Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad 
melihat hasil produk IKM HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020