Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta menegaskan jika seleksi masuk polisi sangat transparan jadi kelulusan murni atas hasil tes dari peserta sendiri.

"Saya tegaskan tidak ada titip-titip atau jalur khusus. Jika ada pihak yang menawarkan kelulusan segera laporkan ke Propam," tegas Kapolda.

Hal itu disampaikannya saat memimpin 
pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri Tahun 2020 di Rupatama Polda Kalsel, Kamis.

Pembacaan pakta integritas serta penandatangan dilakukan oleh perwakilan panitia, peserta dan orang tua peserta. 

Kemudian pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel selaku Ketua Panitia Daerah penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri Tahun 2020.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta memimpin pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri Tahun 2020. (ANTARA/Humaspolda)


Nico berpesan kepada peserta agar bisa fokus dalam mengikuti seluruh rangkaian seleksi. Begitu juga orangtua, jangan berpikir untuk mencari-cari "jalur" untuk meluluskan anaknya.

"Saya pastikan oknum yang menjanjikan kelulusan hanyalah memanfaatkan alias penipu ulung. Padahal jika pun lulus itu hasil dari peserta sendiri namun diklaim oknum ceritanya dia yang urus," tandas Kapolda.

Sementara Karo SDM Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Ari Wahyu Widodo berharap peserta seleksi dapat memanfaatkan secara maksimal waktu yang ada untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. 

"Jaga kesehatan dan fisik agar saat tes dalam kondisi prima. Teruslah belajar untuk meraih nilai tinggi dalam tes akademik," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020