Bupati HST H A Chairansyah  didampingi Asisten II H Pandiansyah, Camat Batang Alai Selatan (BAS), Danramil Kecamatan BAS, Kapolsek Kecamatan BAS dan Kepala Puskesmas Birayang lakukan monitoring lapangan penerapan protokol kesehatan di Pasar Birayang, Senin (29/6).

Monitoring ini dilakukan untuk melihat secara langsung penerapan di lapangan dan sambutan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan.

"Alhamdulilah, setelah kita lakukan sosialisasi selama ini, baik oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten, Kecamatan dan desa kita lihat di Pasar Birayang tentang penerapan protokol kesehatan semuanya berjalan sesuai aturan walaupun masih ada masyarkat yang belum paham," ungkap Bupati.

Pada kesempatan tersebut H A Chairansyah melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan meliputi membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara rajin cuci tangan, jaga jarak, pakai masker dan pola hidup bersih dan sehat agar masyarakat terhindar dari COVID-19.

Kemudian menurutnnya,  sosialisai tentang protokol kesehatan ini harus dilakukan secara berulang-ulang, karena sedikit saja lengah atau mengabaikan protokol kesehatan bisa berakibat fatal.

"Sebelum hal itu terjadi, kita sudah mengantisipasi lebih awal. Jadi, hari ini kita cuma memastikan apakah protokol kesehatan itu dilaksanakan menurut semestinya," tukasnya.

Selama Pandemi COVID-19 ini, Pemkab HST terus gencar melakukan sosialisasi edukasi simulasi dan kegiatan tersebut terus dilakukan berulang-ulang.

"Lebih baik kita terlatih dari awal dari ketimbang mengeksekusi pasien yang baru sudah terjangkit COVID-19, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati," tambahnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020