Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melakukan penanaman ratusan pohon secara simbolis di Perumnas Ciputat, Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan.

Ia mengatakan, penanaman pohon ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, dan jenis pohon yang ditanam berupa buah-buahan yang diharapakan bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar.

Baca juga: Bupati HSS serahkan 206 paket bingkisan untuk petugas kebersihan

“Walaupun berbeda dengan tahun sebelumnya karena menyesuaikan dengan situasi COVID-19, semangat kita tetap akan menanam pohon dan menghijaukan daerah kita," katanya, dalam keterangan, Sabtu (13/6) pagi.

Dijelaskan dia, momentum peringatan hari lingkungan hidup tahun ini juga sangat selaras dengan upaya mencegah COVID-19, yaitu dengan menggalakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS H. Muryadi, mengatakan dalam penanaman pohon termasuk ke dalam Program Kampung Iklim (ProKlim).

Proklim di HSS terdiri dari empat desa yaitu Desa Tibung Raya, Tambak Bitin, Bajayau Lama dan Padang Batung, yang akan diteruskan penanamannya sekitar 140 pohon.

Baca juga: Sikapi Tanggap Darurat Corona, RTH dan taman bermain HSS ditutup penuh

“Di Desa Tibung Raya sekitar 34 pohon dan di sekolah ada 15 pohon yang ditanam, selebihnya nanti kepala desa yang akan melanjutkan menanam,” katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, dan dihadiri oleh Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra, Perwakilan kepala SKPD HSS dan kepala desa setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020