DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur meninjau jalan "bypass" atau jalan lingkar Rantau, ibu kota Kabupaten Tapin dan Jalan Lumpangi Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ketua Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi perhubungan, H Sahrujani mengemukakan itu sebelum meninjau jalan bypass Rantau (sekitar 117 kilometer utara Banjarmasin), Juma.

"Kita perlu meninjau jalan bypass Rantau yang pembiayaan pemeliharaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalsel 2020 itu, guna mengetahui secara pasti hasil pekerjaannya," ujar politikus senior Partai Golkar tersebut.

Jalan bypass Rantau merupakan jalan provinsi sebagai jalan alternatif angkutan darat jurusan Banjarmasin - daerah hulu sungai atau "Banua Anam" Kalsel hingga Kalimatan Timur (Kaltim) serta beberapa kabupaten pedalaman Kalimantan Tengah (Kalteng).

Daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel itu meliputi wilayah Kabupaten Tapin, HSS, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Sedangkan beberapa kabupaten yang berada di pedalaman Kalteng dan angkutan daratnya juga melalui Kalsel yaitu Kabupaten Barito Timur (Bartim), Barito Selatan (Barsel), Barito Utara (Barut atau Batara) serta Kabupaten Murung Raya (Mura) - hulu Sungai Barito.

"Selain itu, kami juga mengagendakan peninjauan Jalan Lumpangi Loksado HSS (sekitar 165 kilometer utara Banjarmasin) yang menghubungkan Batulicin (260 kilometer timur Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel," ujarnya.

"Biaya pemeliharaan jalan Lumpangi Loksado tersebut juga menggunakan APBD provinsi setempat tahun anggaran 2020," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu.

Namun mantan Ketua DPRD HSU itu tidak menyebutkan besaran pembiayaan untuk penanganan kedua jalan di "Bumi Ruhui Rahayu" Tapin, dan "Bumi Rakat Mufakat" atau "Bumi Perjuangan Antaluddin" HSS tersebut.

"Kita berharap hasil pekerjaan kedua jalan bypass Rantau dan Lumpangi Loksado tersebut sesuai target atau harapan kita bersama," demikian Sahrujani menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin.

Loksado HSS yang berada pada kawasan Pegunungan Meratus salah satu primadona objek wisata Kalsel yang terkenal hingga ke luar negeri dan sampai tahun 1980-an banyak wisatawan mancanegara berkunjung untuk melihat keasrian panoram hutan tropis.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020