Sahabat Balangan Centre (SBC) bagikan uang tunai Rp121.500.000 kepada para lansia di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, yang berasal dari Bantuan Sosial Program Darurat Akibat Wabah Virus Corona di Indonesia, Kementerian Sosial RI.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 240/4.6.2/BS.01.02/4/2020 dan perjanjian kerjasama Nomor : 255/4.6.2/BS.01.02/4/2020, yang diserahkan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) terpilih, untuk Provinsi Kalsel diantaranya dipercayakan kepada Sahabat Balangan Centre (SBC) Balangan, selaku pelaksana penyaluran.

Dikatakan Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC ) Balangan, Dewi Purwanti, dana tersebut berasal dari Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU/Progres LU) Gau Mabaji Gowa, Sulawesi Selatan, kepada 45 lansia yang sebelumnya telah didata dan diverifikasi.

Disampaikan, masing-masing lansia mendapatkan Rp2.700.000 secara tunai dan telah dibagikan kepada yang berhak.

"Dalam pembagian kita bekerjasama dengan aparat desa dan kelurahan tempat lansia berada, sekaligus dijelaskan anggaran dan sumber dana tersebut," tuturnya.

Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) "Gau Mabaji" di Gowa sebelumnya memang sudah melaksanakan Sosialisasi Bantuan Sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU) bersama Dinas Sosial di 10 Wilayah Jangkauan Kerja.

"Sepuluh wilayah tersebut meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, NTT, NTB dan Bali," sampai Dewi.

Dan salah satu yang terpilih di Provinsi Kalsel selama ini diantaranya adalah Sahabat Balangan Centre (SBC) Balangan.

"Setiap penyaluran dana bentuk apapun yang dipercayakan kepada Sahabat Balangan Centre (SBC) Balangan, kami salurkan sepenuhnya tanpa potongan biaya kepada penerima yang berhak," tegas Dewi.

Bahkan sebelumnya telah disalurkan pula alat bantu lansia dalam perlindungan khusus berupa kursi roda, tongkat, kacamata, alat bantu dengar, walker dan lain sebagainya yang merupakan bantuan Kemensos RI melalui Dinas Sosial Provinsi Kalsel dan Kabupaten Balangan, yang juga dipercayakan penyalurannya melalui Sahabat Balangan Centre (SBC) Balangan.

 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020