Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, kembali menghantarkan kepulangan pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh, Bertempat di depan Kantor Dinas Kesehatan Kab.HSS.

Ia mengatakan, pasien positif sembuh, Aliansyah adalah pasien terkonfirmasi di rawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, dan 14 hari yang lalu telah dinyatakan negatif oleh rumah sakit ulin, tapi ketentuan harus isolasi mandiri.

"Beliau mau diisolasi di bangunan eks RSUD Brigjen H.Hasan Basry, Kandangan, dan kalau di rumah mungkin tidak bisa terlalu mandiri serta tidak terlalu memungkinkan untuk itu," katanya, dalam keterangan, Rabu (27/5) pagi.

Baca juga: Konfirmasi positif COVID-19 HSS jadi delapan, dua kasus baru dari Daha Utara dan Kalumpang

Dijelaskan dia, kebetulan 14 hari yang lalu pihaknya juga telah melepas isteri dan dua anak Aliansyah yang sudah mengikuti isolasi, maka jadi hari ini pasien sembuh ini sudah bisa berkumpul dengan keluarga, meskipun ada beberapa catatan untuk tetap menjaga kesehatan.

Pihaknya mengharapkan agar pasien sembuh ini juga bisa menjadi penyambung lidah kepada masyarakat, bagaimana yang harus dilakukan untuk mencegah virus COVID-19 dan apa yang dirasakan selama terkonfirmasi positif, jadi dapat menjadi bagian dari upaya mensosialisasikannya pencegahan kepada masyarakat.

Untuk masyarakat, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, jadi jangan pernah menganggap sesuatu itu sudah akan berakhir, karena semuanya tidak tahu di mana virus Corona ini.

Mencegah lebih penting, salah satunya menggunakan masker setiap berada di luar rumah, cuci tangan pakai sabun lebih sering dengan air mengalir dan menghindari kerumunan-kerumanan.

"Pemerintah berupaya mengedukasi masyarakat menurunkan Satpol PP, petugas kesehatan ke tempat-tempat berkumpulnya masyarakat untuk mengingatkan pakai masker, karena inilah salah satu cara mencegah virus Corona," katanya.

Baca juga: PDP dirawat di HSS sembilan orang, satu PDP tambahan dari HST

Selain itu, agar semua masyarakat terbebas dari virus corona dan bisa menjaga diri masing-masing agar terbebas dari virus Corona dengan mengikut arahan-arahan dan imbaun, baik dari pemerintah, TNI, Polri dan MUI.

Pasien sembuh, Aliansyah, mengatakan selama isolasi dirinya mematuhi arahan petugas kesehatan di rumah sakit, dengan makan-makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Dalam kesempatan itu, Bupati HSS menyerahkan surat keterangan bahwa telah melaksanakan pemeriksaan dan melakukan test swab yang hasilnya negatif, serta juga memberikan bingkisan untuk pasien sembuh.

Turut hadir, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan sekaligus Plt Diskominfo HSS Sasmi Rifani, dan Kepala Dinas Kesehatan HSS yang juga selaku Juru Bicara percepatan penangangan COVID -19 HSS dokter Hj Siti Zainab.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020