Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 HSS, dokter Siti Zainab, menyampaikan hasil rapid test massal di Pasar Taniran, Kecamatan Angkinang terdapat tiga orang reaktif.

Ia mengatakan, rapid tes dilaksanakan Rabu (20/5) pagi dimulai pukul 14.00 Wita dengan total orang yang dirapid 111 orang, rincian hasilnya reaktif tiga orang dan non reaktif 108 orang.

Baca juga: Hasil tes swab negatif, Tiga PDP HSS dipulangkan

"Bagi mereka yang reaktif tentunya harus dilakukan karantina atau isolasi, dan akan dilakukan tes swab sebagai tindak lanjut dari rapid rest yang telah dilaksanakan," katanya, dalam keterangan resmi.

Dijelaskan dia, rapid test massal yang dilakukan di Pasar Angkinang menjadi yang ketiga dilaksanakan setelah sebelumnya, di Pasar Negara, Daha Selatan dengan hasil semuanya non reaktif, kemudian di Pasar Kandangan, Kecamatan dengan hasil tiga orang reaktif.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS juga telah memilki tempat karantina untuk ODP, di eks bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 HSS bertambah menjadi enam, PDP tiga orang

Tempat karantina ini sebagai tempat untuk menginapkan mereka yang akan dilakukan tes swab, dan untuk mempermudah dan memperlancar proses pengambilan tes swab oleh para medis.

Ditambahkan dia, saat ini di Kabupaten HSS data COVID-19 terdapat 21 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dalam proses pemantauan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tiga orang, enam kasus terkonfirmasi positif, satu diantaranya masih dirawat, empat sembuh, satu orang meninggal.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020