Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab, menyampaikan hasil rapid test untuk 256 pedagang yang ada di pasar Negara, Kecamatan Daha Selatan hasilnya semuanya non reaktif.

Ia mengatakan, Rapid Diagnostic Test (RGT) untuk para pedagang tersebut dilakukan Senin (18/5) mulai pukul 09.00 Wita, dan pihaknya menurunkan sebanyak enam tim yang dibagi untuk melakukan test dari blok A hingga blok F.

Baca juga: Hasil tes swab negatif dua ODP HSS dipulangkan, salah satunya tenaga medis

"Alhamdulillah hasil RGT mereka non reaktif, dan RGT ini kita lakukan sebagai bentuk upaya percepatan pencegahan dan penanganan COVID-19 dengan melibatkan SKPD terkait," katanya.

Dijelaskan dia, pemilihan RGT dilakukan untuk para pedagang pakaian dan plastik Pasar Negara, karena sebagian besar pedagang dari Negara ini mengambil barang dagangannya di Pasar Antasari Banjarmasin dari Sudimampir, dan ada yang baru satu  minggu yang lalu dan dua minggu lalu mengambil barang ke Banjarmasin.

Upaya ini juga sebagai langkah untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, termasuk mencegah penularan karena tranmisi lokasi dari Banjarmasin, RGT ini juga mendapatkan dukungan dan pengawalan baik dari Satpol PP HSS, TNI, Polri, pihak kecamatan maupun SKPD terkait.

Baca juga: PT SAM tutup jalur masuk ke perusahaan, cegah COVID-19

Rinciannnya, hasil RDT 259 orang, blok A, 43 orang hasil 43 non reaktif, blok B 48 orang hasil 48 non reaktif, blok C 35 orang hasil 35 non reaktif, blok D 45 orang hasil 45 non reaktif, blok E 43 orang hasil 43 non reaktif, blok F 45 orang hasil 45 juga non reaktif.

Pihaknya besok, Selasa (19/5) pukul 09.00 Wita kembali akan melaksanakan RGT untuk 250 pedagang yang ada di Pasar Los Batu Kandangan, Kecamatan Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020