Bupati Hulu Sungai Selatan( HSS) H. Achmad Fikry melepas secara langsung dua orang Orang Dalam Pemantauan (ODP) HSS yang telah melaksanakan isolasi di eks bangunan lama Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Hasan Basry Kandangan.

Ia mengatakan, dua ODP termasuk salah satunya merupakan tenaga medis di RSUD Kandangan telah menjalani tes swab sebanyak dua kali, dan ia merasa bersyukur karena dua orang yang mengikuti isolasi dinyatakan negatif tertular virus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sehingga dapat dipulangkan.

"Kami berharap ODP yang pulang agar dapat tetap melaksanakan isolasi mandiri di rumah dan tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku," katanya, dalam keterangan pelepasan, di halaman Dinas Kesehatan HSS, Sabtu (16/5) pagi. 

Baca juga: PDP HSS dua orang, satu diantaranya dirawat di RSUD Daha Sejahtera

Dijelaskan dia, walaupun sudah ada penurunan jangan menjadikan masyarakat lengah dan mengabaiakan protokol kesehatan, dan untuk semua warga HSS diingatkan tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir dan menggunakan masker apabila berpergian.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten HSS sekaligus Kepala Dinas Kesehatan HSS, dokter Siti Zainab, mengatakan dua ODP tersebut terdiri dari satu orang warga HSS dari kecamatan Sungai Raya dan warga Kota Banjarbaru.

Kedua pasien ODP telah menjalani karantina selama 14 hari di eks Bangunan RSUD Kandangan, salah satunya ada yang merupakan tenaga medis yang bekerja di RSUD Kandangan.

Baca juga: Salah gunakan izin cafe untuk aktifitas karaoke, divonis denda Rp2 juta

Direktur RSUD Kandangan Hj. Rasyidah, mengatakan telah melaksanakan rapid test kepada 176 karyawan RSUD Kandangan dan dua orang dinyatakan reaktif, satu orang telah boleh pulang ke rumah pada hari ini karena telah dinyatakan negatif dengan test SWAB.

"Sementara satu orang lagi masih menjalani isolasi mandiri, dan ke depannya akan diusahakan agar seluruh karyawan di RSUD Kandangan untuk dapat dilakukan rapid test." katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekda HSS H. Muhammad Noor, Wakapolres HSS Kompol Arief Himawan, jajaran Dinas Kesehatan HSS dan perwakilan para medis RSUD Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020