Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin S Sos mengharapkan, agar peserta didik mendapat jaringan internet khusus secara gratis.

Harapan Ketua Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi pendidikan tersebut, dia kemukakan di Banjarmasin, Kamis sehubungan anjuran agar peserta didik belajar dari rumah atau Study From Home (SFH) karena permasalahan virus Corona (COVID-19).

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu menyarankan, pengadaan jaringan internet gratis khusus untuk menunjang program SFH secara "online" atau dalam jaringan (daring).

Namun agar tidak terlalu bebas menggunakan internet gratis tersebut, politikus Partai Gerindra itu menyarankan, waktunya terbatas pada saat jam belajar saja setiap hari.

Menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel I/Kota Banjarmasin itu, pemberian jaringan internet gratis khusus bagi peserta didik tersebut penting, karena tidak semua orang ada memiliki sarana dan prasarana komunikasi jarak jauh lewat dunia maya.

"Apalagi lagi dalam situasi dan kondisi mewabah COVID-19, mungkin tidak sedikit keluarga/orangtua peserta didik yang terdampak karena beban pengeluaran bertambah atau tidak berkurang, sementara pendapatan minim," lanjutnya kepada Antara Kalsel.

Sebelumnya, Lutfi yang juga Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Kalsel itu menyarankan, penyediaan jaringan internet gratis khusus bagi peserta didik tersebut bisa melalui RukunTetangga (RT) dengan sistem per wilayah.

"Penyediaan jaringan internet gratis khusus bagi peserta didik tersebut bisa dengan menggunakan sarana dan prasarana WIFI dengan jangkauan maksimal pada radius tertentu," demikian Lutfi Saifuddin.

Sementara mereka yang dimaksudkan dengan peserta didik yaitu dari mereka yang duduk pada Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020