Setelah Bank Kalsel cabang Amuntai yang turut berpartsipasi dalam pencegahan wabah COVID 19 dengan menyerahkan bantuan sarana tempat cuci tangan berupa tong air ukuran 300 ml sebanyak lima buah kepada Bupati Hulu Sungai Utara, maka pekan kemaren giliran BRI dan BNI cabang Amuntai yang turut menyerahkan bantuan westafel portable.

Bantuan sarana tempat cuci tangan atau wastafel portable yang sudah dimodifikasi tersebut diserahkan oleh masing-masing pimpinan BRI dan BNI kepada Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid di halaman rumah dinas Bupati.

"Kepedulian dan peran serta perbankan dan lainnya akan sangat membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau COVID 19," ujar Wahid di Amuntai, Kamis.

Berbagai sarana cuci tangan bantuan dari perbankan nantinya ditempatkan di kawasan publik baik diperkotaan maupun dikecamatan.

Bantuan dari BRI cabang Amuntai sebanyak. Westafel aluminium portable yang sudah dimodifikasi sebanyak 10 buah yang diserahkan oleh Kepala cabang BRI Amuntai Adhitya Narotama kepada Bupati HSU pada Kamis (9/4)
 
Kepala BRI cabang Amuntai Adhitya Narotama bersama Bupati HSU saat menyerahkan bantuan wastafel untuk publik di Amuntai, Kamis (9/4). (Antaranews Kalsel/Humpro HSU/Eddy A)

Sedangkan BNI cabang Amuntai menyerahkan bantuan sebanyak lima unit wastafel ukuran besar yang dilengkapi tempat pembuangan sampah yang diserahkan oleh Pimpinan cabang BNI kantor cabang utama Barabai Ali Sulaiman pada Jum'at (17/4).

Wahid berharap lebih banyak lagi pihak swasta yang berperan serta dan memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya warga kurang mampu yang terdampak COVID 19.

Wahid mengingatkan, meski Kabupaten HSU masih berstatus 'hijau' dalam kedaruratan wabah COVID 19 di Kalimantan Selatan, namun bukan berarti wabah COVID 19 tidak ada di wilayah HSU.

"Saya himbau warga tetap tinggal didalam rumah, mengenakan masker, sering berwudhu atau cuci tangan dengan sabun, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, berolahraga dan makanan bergizi serta tidak melakukan perjalanan keluar daerah," kata Bupati.
Pimpinan cabang BNI kantor cabang utama Barabai Ali Sulaiman saat menyerahkan 5 unit wastafel kepada Bupati HSU H Abdul Wahid HK di Amuntai, Jum'at (17/4). (Antaranews Kalsel/Humpro HSU/Eddy A)


Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan karena berbagai pihak telah berkontribusi dalam upaya pencegahan COVID seperti dari kepolisian, TNI, berbagai instansi pemerintah daerah seperti BPBD, Dinas Kesehatan, Kominfo, DPPPA, DPPKBD, Satpol PP, Disbub, TP PKK, Pemerintah Kecamatan dan desa, Rumah Pintar, lembaga pendidikan, organisasi pemuda dan kemasyarakatan, UKM dan dunia usaha lainnya.

Menurut Wahid, tanpa kebersamaan, kerjasama dan koordinasi semua kalangan, maka pencegahan dan penanganan wabah Covid 19 akan sulit dilakukan.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020