Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan H Abdul Wahid menerapkan sistem masuk kerja  secara bergantian atau shift untuk mengurangi kontak fisik antara sesama ASN.

Penerapan kebijakan sistem kerja shift juga bertujuan agar ASN dapat menyediakan waktu lebih banyak menjaga keluarga agar tetap tinggal dirumah saat wabah Corona.

"Tapi jangan dimanfaatkan waktu luang berada dirumah ini untuk jalan-jalan diluar rumah, "ujar Wahid di Amuntai, Senin.

Wahid mengatakan, penerapan sistem kerja secara shift dalam upaya mencegah peluang terjadinya penyebaran/penularan Virus Corona (Covid 19) dikalangan ASN khususnya.

Selain itu, katanya ASN juga bisa menjaga keluarganya dengan baik serta mendampingi dan membimbing anak-anak untuk belajar di rumah, karena Dinas Pendidikan telah menerapkan pengajaran jarak jauh.
 
Peserta apel gabungan ASN Senin (30/3) khusus dihadiri para pejabat eselon II dan II dengan jarak baris hingga dua meter. (Antaranews Kalsel/Humpro HSU/Eddy A)

Kebijakan tersebut disampaikan Wahid saat memimpin apel gabungan khusus eselon II dan eselon Ill di Lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU Senin.

Wahid meminta kepada kepala SKPD agar membuat jadwal kerja karyawan secara bergantian dan ASN tidak memanfaatkan waktu luang tersebut untuk jalan-jalan yang sifafnya tidak urgen.

Bupati juga menghimbau.kepada masyarakat agar tidak meremehkan wabah Covid-19 ini. Apalagi saat ini jumlah Orang Dengan Pengawasan (ODP) meningkat tajam menjadi 28 orang pada 29 Maret kemaren.

"Selalu jaga jarak apalagi kontak flsik,  membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun dan sering-sering berwudhu," saran Wahid.

Para camat dan kepala desa juga diminta  memantau dan mendata arus masuk warga untuk diminta melaporkan diri ke tenaga kesehatan guna dilakukan cek kesehatan 
 
. (Antaranews Kalsel/Humpro HSU/Eddy A)

Wahid juga menyampaikan dalam waktu dekat akan melakukan penjagaan wilayah terhadap migrasi warga dari daerah lain,  rencana ini masih dikoordinasikan dengan jajaran Polres dan Kodim 1001 Amuntai.

Masalah pelayanan khususnya pelayanan di Rumah Sakit Pambalah Bating, Dukcatpil dan lainnya harus tetap ditingkatkan dengan menjaga kesehatan baik petugas yang melakukan pelayanan atau warga yang dilayani. 

Wahid minta kesadaran warga agar mematuhi himbauan yang dikeluarkan pemerintah serta berharap dengan upaya yang maksimal ini kabupaten HSU terbebas dar mewabahnya virus corona
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020