Pemerintah Kabupaten HST, mulai mempersiapkan tahapan pemilihan pembakal (Pilbakal) atau Kepala Desa secara serentak yang akan berlangsung di 143 desa dan pemilihan direncanakan antara bulan Juli atau Agustus Tahun 2020 ini.

"Rakoor kali ini dalam rangka persiapan pelaksaan penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak tahun 2020 untuk 143 pemerintah desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), H Fahmi di Barabai, Senin.

Menurutnya, beberapa hal penting yang dibahas pada Rakoor adalah masalah tim keamanan dalam pelaksanan saat hari pemilihan dan sosialisasi pemilihan pembakal agar bisa optimal.

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H A Chairansyah yang diwakili oleh Sekda H Akhmad Tamzil dalam sambutannya sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan rakoor pentahapan penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa Tahun 2020 ini.

Karena menurutnya, hal ini sangat penting dalam rangka mematangkan dan kesuksesan penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak tahun 2020 di Kabupaten HST.

Ia mengingatan, ada dua pekerjaan besar Kabupaten HST yang memerlukan kesepahaman, sinergitas dan kebersamaan untuk menjaga situasi tetap kondusif, yaitu pemilihan kepala desa dan Pilkada.

lebih lanjut kepada semua yang hadir,  Tamzil  berharap agar di forum ini bisa disepakati sebagai langkah awal membangun sinergitas kebersamaan di level tingkat teknis.

Mengakhiri sambutannya, Tamzil mengatakan semoga rakor pada hari ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga benar-benar dapat dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan dan penanganan dalam pelaksananan  penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak Tahun 2020.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020