Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) Amanlion Sembiring berpendapat, haul Tuan Guru Haji Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sakumpul menggeliatkan ekonomi kerakyatan provinsi setempat.

"Karena dalam kegiatan haul Guru Sakumpul seperti pada haul ke 15 tahun ini 1441H/2020 M) terjadi transaksi," ujarnya usai silaturahmi dengan Ketua DPRD Kalsel Dr (HC) H Supian HK SH MH di Banjarmasin, Selasa siang.

"Dalam bertransaksi pada haul Guru Sakumpul tersebut banyak melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," lanjut A Sembiring yang pernah memimpin BI Perwakilan Sampit dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) itu.

Sebagai contoh para pedagang kecil, baik penjual makanan dan minuman dapat bertransaksi dengan jemaah haul Guru Sakumpul yang mencapai jutaan orang dari berbagai daerah.

Oleh karenanya laki-laki berdarah salah satu suku di Sumatera Utara (Sumut) yang tidak canggung/kaku dialeg Banjar Kalsel tersebut mengapresiasi terhadap kegiatan haul Guru Sakumpul.

Mengenai kunjungan ke DPRD Kalsel, A Sembiring yang baru beberapa bulan bertugas di provinsi ini menyatakan, hal tersebut tidak lain hanya bersilarahmi/berkenalan sebagai orang baru.

"Kedatangan saya ke DPRD Kalsel hanya silaturahmi, dan siap membantu DPRD setempat yang berhubungan dengan tugas-tugas perbankan," tegasnya.

"Kan sebagai pendatang baru, tidak etis kalau tidak bersilatturahmi dengan Ketua DPRD Kalsel," demikian Amanlion Sembiring.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020