Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan bersyukur Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kabupaten HSS semakin baik dan menunjukan peningkatan.

Ia mengatakan, kemajuan ini dikarenakan beberapa tahun terakhir berbagai aspirasi masyarakat desa juga sudah diakomodir oleh desa dari dana desanya, maupun dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Kami juga berterimakasih kepada para kepala desa beserta perangkat desa yang bisa memenuhi harapan masyarakat, sehingga tidak perlu lagi diusulkan di forum musrenbang kecamatan," katanya, saat membuka musrenbang tingkat Kecamatan Padang Batung, di aula kecamatan setempat, Kamis (13/2).

Baca juga: Bupati HSS ingin masyarakat Loksado manfaatkan potensi alam dan kearifan lokal

Dijelaskan dia, berharap Kecamatan Padang Batung menjadi daerah yang dipersiapkan untuk lumbung padinya HSS, dan irigasi yang ada dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk kemajuan bidang pertanian.

Camat Padang Batung Heri Utomo, melaporkan sebelumnya sudah melaksanakan pra-musrenbang bersama para kepala desa, melakukan penjaringan berbagai usulan dari masyarakat seluruh desa yang dilaksanakan dari bulan September sampai dengan Desember 2019.

"Ada 130 usulan yang masuk, namun telah dikerucutkan menjadi 17 usulan prioritas yang disampaikan dalam musrenbang kecamatan kali ini," katanya.

Tak lupa, atas nama masyarakat di Kecamatan Padang Batung mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten HSS yang selama ini telah melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan di Padang Batung, diantaranya adalah telah diperbaikinya Jalan Mandapai-Madang dan selesainya Jembatan Batu Laki.

Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, mengatakan banyak potensi yang dapat dikelola di Kecamatan Padang Batung, diantaranya bidang pertanian, bidang perkebunan dan juga bidang pariwisata.

"Kami sebagai wakil rakyat dapat membantu aspirasi-aspirasi dari masyarakat melalui pokok-pokok pikiran DPRD, dan pemerintah desa juga bisa melaksanakan pembangunan di desa dengan sinkronisasi bersama pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Achmad Fikry: Kecamatan telaga Langsat sentra lumbung padinya HSS

Sebelum membuka musrenbang, Bupati HSS menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada warga Lanjut Usia (Lansia) dan masyarakat kurang mampu, hasil keuntungan PNPMD dari kegiatan usaha simpan pinjam di Kecamatan Padang Batung.

Pelaksanaan musrenbang ini sendiri digelar diseluruh Kecamatan di Kabupaten HSS secara bergiliran, Padang Batung merupakan kecamatan yang ke-11 atau kecamatan terakhir yang melaksanakan musrenbang RKPD.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD HSS beserta para anggota DPRD Dapil II, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para kepala desa, forum anak, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020