Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Loksado, di aula kecamatan setempat.

Ia mengatakan, tidak pernah jemu untuk datang ke Loksado, yang punya potensi pemandangan alam yang indah, dan sebagai daerah kawasan wisata andalan, masyarakat Loksado hendaknya bisa memanfaatkan potensi alamnya dan kearifan lokal, dengan membuat sebuah terobosan sebagai tambahan daya pikat wisatawan.

"Kearifan lokal seperti budaya, adat istiadat, kuliner dan hasil alam lokal hendaknya terus dikembangkan dan ditampilkan. Ini bisa menjadi tambahan sumber pendapatan masyarakat," katanya,  dalam sambutan, Rabu (12/2) pagi. 

Baca juga: Achmad Fikry: Kecamatan telaga Langsat sentra lumbung padinya HSS

Dijelaskan dia, bersyukur home stay mulai banyak dibangun, artinya masyarakat kecil setempat mulai bisa menikmati hasil dari wisata yang ada. Apapun yang sifatnya positif dan bisa menarik orang untuk datang ke Loksado maka lakukanlah.

Hal ini dilakukan agar masyarakat Loksado tidak hanya sekedar menjadi penonton, dan lebih baik lagi kalau bisa membuat sebuah desa wisata, seperti yang ada di provinsi lain.

Adapun pembangunan yang segera dilaksanakan tahun 2020 untuk Kecamatan Loksado, diantaranya penyelesaian Jembatan Loklahung dan Jalan Tembus Kamawakan-Malinau.

"Alhamdulillah, seluruh desa yang ada di kecamatan ini kini sudah teraliri listrik dari PLN, hanya tinggal empat dusun terjauh yang masih diupayakan, dan mengenai permasalahan kekurangan Guru SMP kami akan segera membicarakannya dengan Dinas Pendidikan," katanya.

Baca juga: Daha Selatan akan miliki perpustakaan bertaraf nasional

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Loksado Rudy Agus Firmansyah, mengucapkan selamat datang kembali kepada Bupati HSS, yang untuk kesekian kalinya telah sudi berkunjung ke Loksado.

Menurut dia, ucapan tersebut karena memang dalam waktu kurang dari sebulan ini, Bupati HSS sudah beberapa kali datang ke Loksado untuk beberapa kegiatan. Sebelumnya pada pelaksanaan Hari Jadi Kecamatan dan Rapat Koordinasi yang kebetulan Loksado juga sebagai tuan rumah.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, para kepala OPD yang diperkenalkan oleh Bupati sehubungan pelantikan beberapa waktu lalu, para kepala desa, forum anak, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020