Kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) Desa Banyu Hirang Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan terus dipersiapkan mengikuti lomba ditingkat nasional.

Salah satu olahan pangan yang diperkenalkan adalah pemanfaatan bahan baku dari putih telor untuk dijadikan produk pangan  yang menjadi andalan bagi kelompok UPPKS Desa Banyu Hirang pada penilaian lomba nanti.

Kabid perindustrian HSU, H Muhammad Yani di Amuntai, Jumat mengatakan, kepada enam orang anggota UPPKS Banyu Hirang selain diberikan materi cara pengolahan pangan yang baru, juga diajarkan cara pengemasan produk pangan agar lebih menarik.

"Kami di Disperindagkop UKM berharap anggota UPPKS dapat berkreasi membuat model-model pangan guna menghadapi penilaian UPPKS ditingkat Nasional 2020 mendatang," ujar Yani.
 
. (Eddy Abdillah)

Yani mengatakan, selain membina UPPKS Desa Banyu Hirang juga diikutsertakan pelaku usaha UKM lainnya pada kegiatan pelatihan di unit rumah pelatihan Desa Kota Raja Amuntai 2-4 Desember kemaren.

Peserta diberikan pelatihan cara pengolahan kerupuk kribu yang berbahan singkong, nugget, bakso dari bahan kan patin, kue-kue kering dan lainnya.

"Melalui sektor industri kita bina produk-produk pangan olahan agar semakin beragam sekaligus cara pengemasannya." kata Yani.

Menurut Yani.pengemasan atau packing produk sudah waktunya diterapkan oleh para pelaku UKM yang bergerak dibidang pengolahan pangan agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.
 
. (Eddy Abdillah)

Menarik dalam kegiatan ini, kata Yani disamping membuat olahan dari bahan ikan patin, ayam dan singkong para peserta juga diberikan materi mengenai pemanfaatan putih telur menjadi panganan unik dan menarik.

Pihaknya menggandeng UKM Kasalaput yang didatangkan dari Banjarbaru untuk memberikan pelatihan cara pemanfaatan putih telor untuk dijadikan produk pangan olahan.

"Biasanya kuning telur dibuat untuk pembuatan kue-kue kering, sedangkan putihnya dibuang, namun kali ini kita manfaatkan menjadi kue, bahannya pun mudah cukup ditambah gula dan pengembang sedikit." jelas salah satu instruktur UKM Kasalaput, Dessy.

Dessy mengatakan, pemanfaatan putih telor untuk dijadikan bahan baku pembuatan berbagai jenis kue saat ini masih sedikit diketahui pelaku UKM sehingga produk pangan dari bahan putih telor ini bisa jadi salah satu andalan bagi UKM Desa Banyu Hirang menuju lomba UPPKS tingkat nasional.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019