Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Akhmad Tamzil membacakan Sambutan Menteri Kesehatan RI pada acara Hari Kesehatan Nasional 2019 di halaman kantor Dinas Kesehatan, di jalan SMP Barabai, (12/11).

Sekda Tamzil mengatakan, Fokus Pemerintah mendatang akan diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas yang ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia yang diukur dengan usia harapan hidup.

Baca juga: Peduli tukang becak, Tamzil bagi-bagi sembako di Hari Pahlawan

Menurutnya, Isu kesehatan kali ini yang utama adalah tentang masalah stunting dan jaminan kesehatan nasional. Upaya yang dihasilkan pemerintah terhadap perbaikan adalah dengan menurunkan angka kematian ibu dan anak, menurunkan angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta pengendalian penyakit menular.

"Pemerintah juga akan selalu berinovasi melalui perbaikan layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS kesehatan dan penyediaan obat serta alat kesehatan lokal yang murah berkualitas," katanya.

Baca juga: RSUD H Damanhuri Barabai peringati HUT ke-34

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan HST drg H Kusudiarto mengatakan, tema Hari Kesehatan Nasional Tahun 2019 ini mengangkat mengangkat tentang "Generasi Sehat Indonesia Unggul".

"Hari ini juga kami serahkan enam sertifikat akreditasi kepada Puskesmas Durian Gantang dengan akreditasi Utama, Puskesmas Kalibaru dengan akreditasi Utama, Puskesmas Barikin dengan akreditasi Madya, Puskesmas Kasarangan dengan akreditasi Madya, Puskesmas Pandawan dengan akreditasi Madya dan Puskesmas Haruyan dengan akreditasi Madya," katanya.

Sebelum acara, dimulai terlebih dahulu diadakan senam Germas yang diikuti Sekda HST, bersama Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan HST dan seluruh Puskesmas di HST terdiri dari dokter, perawat dan bidan beserta staf.

Baca juga: Berikut formasi CPNS Kabupaten HST 2019

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019