Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor resmi membuka Festival Biliar Paman Birin Cup 2019 se-Kalimantan Selatan, Sabtu (12/10).

Event bertajuk Festival Biliar Paman Birin Cup 2019 ini digelar mulai 9-13 Oktober, diikuti 160 peserta,  di Rumah Biliar Royal Soetoyo, Jalan Sutoyo S, Banjarmasin.

Gubernur H Sahbirin Noor mengatakan, even ini merupakan bentuk dari komitmen kita dalam memajukan olahraga di Banua.

"Ini merupakan komitmen kita dalam pembangunan di bidang olahraga, tujuannya tentu saja ingin meningkatkan prestasi dan memasyarakatkan olahraga biliar di Kalsel," ucap Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Baca juga: Denny Indrayana maju calon gubernur Kalsel

Paman Birin menambahkan, olahraga biliar masih sedikit asing di mata masyarakat Kalsel.

"Masyarakat kita kebanyakan tidak mengenal betul apa itu biliar. Banyak yang mengenal biliar hanya sebagai permainan, bukan sebagai olahraga. Maka dari itu, tujuan kita disini selain mencari dan memunculkan bibit-bibit pebiliar baru, juga sambil memasarkan dan mengenalkan kepada masyarakat apa itu olahraga biliar," tandasnya.

Ia juga berharap, atlet cabor biliar Kalsel bisa masuk dan bertanding di PON 2020 mendatang.

"Atlet biliar Banua sudah berhasil lolos di pra-PON 2020, selanjutnya kita harapkan mereka bisa masuk ke PON 2020 nanti dan berhasil membawa pulang banyak medali," harapnya.

Baca juga: Bupati Tanah Laut terima penghargaan plakat WTP dari Gubernur Kalsel

Sebelumnya, Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kalsel, Mustohir Arifin mengatakan, even ini bertajuk Festival Biliar Paman Birin Cup 2019 ini digelar mulai 9-13 Oktober besok.

"Jumlah peserta yang bertanding sebanyak 160 orang, terdiri dari 138 laki-laki dan 22 perempuan. Seperti yang di katakan Paman Birin, tujuannya untuk mencari bibit-bibit andalan Kalsel yang mampu bersaing di ajang-ajang nasional termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON)," jelasnya.

Baca juga: Bupati Batola terima plakat WTP dari Gubernur Kalsel
Baca juga: Bupati terima plakat WTP dari gubernur

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019